Alasan Anne Ratna Mustika Minta Petani di Purwakarta Untuk Tanam Padi Gogo

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Purwakartaupdate.com, Purwakarta – Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika meminta seluruh embung yang tersebar di Kabupaten Purwakarta untuk dioptimalkan kembali dalam rangka membantu para petani menghadapi musim kemarau.

Permintaan orang nomor satu di Purwakarta itu sekaligus untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan air bagi lahan pertanian selama musim kemarau yang diperkirakan akan berkepanjangan dampak dari fenomena alam El Nino.

“Dampak buruk dari El Nino adalah terjadinya kekeringan yang berkepanjangan sehingga mengurangi ketersediaan air untuk pertanian. Kita punya puluhan embung yang bisa dioptimalkan mengantisipasi kelangkaan air pertanian tersebut,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Selasa, 6 Juni 2023.

Baca Juga:  Video: Kamis Asyik | Bangga Menjadi Paskibraka Purwakarta

Data dari Dinas Pangan Dan Pertanian (Dispangtan) Purwakarta menyebutkan, salah satu kabupaten penghasil manggis terbaik nasional itu memilki sebanyak 33 embung.

Embung-embung itu tersebar di 30 desa di sepuluh kecamatan meliputi Kecamatan Bojong, Darangdan, Wanayasa, Kiarapedes, Pondoksalam, Plered, Maniis, Pasawahan, Cibatu dan Kecamatan Campaka.

“Secara umum semua embung itu berfungsi sangat baik sebagai penampung air. Selama musim kemarau yang berat dampak El Nino nanti, embung-embung itu bisa dimanfatkan petani sebagai sumber air pertanian,” kata Bupati Anne.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Ungkap Keberatan Kenaikan Harga Air Baku PJT II Purwakarta