Jenis Sistem Pendingin Pada Mobil Yang Penting Untuk Anda Ketahui

PURWAKARTAUPDATE.com | Sistem pendingin pada sebuah kendaraan memiliki beberapa komponen penting mulai dari kipas pendingin, radiator, air radiator dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, sistem pendingin pada mobil ada beberapa jenis yang digunakan. Namun, sebagian pemilik mobil jarang mengetahui jenis sistem pendingin pada mobil tersebut.

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis sistem pendingin pada mobil yakni:

Pertama. Sistem Pendingin Air (Air Coolant) – Untuk jenis pertama adalah sistem pendinginan air atau air coolant, pada jenis ini sering digunakan pada kendaraan roda dua dan roda empat. 

Baca Juga:  Menko Marves Luhut Sebut Pemerintah Longgarkan Aturan Operasional Mal

Prinsip dari pendingin ini menggunakan air untuk menghasilkan udara dingin dan membuang udara panas ke luar. Namun penggunaan air bukan air biasa namun menggunakan air coolant, dan air tersebut harus kalian isi jika sudah mulai habis.

Kedua. Sistem Pendingin Udara (Alami) – Untuk jenis kedua adalah udara atau alami, dalam penggunaan ini tidak semua jenis kendaraan menggunakannya, Biasanya untuk jenis kendaraan motor dengan kapasitas mesin dibawah 150 cc. 

Pada jenis ini dirasa lebih simpel, karena cara kerjanya hanya membutuhkan udara bebas yang masuk ke area mesin motor saja. Maka dari itu beberapa motor dengan cc kecil, letak mesin tidak ditutup dengan penutup.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Raih Penghargaan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021

Ketiga. Sistem Pendingin Oil – Lalu untuk jenis terakhir ialah sistem pendingin oli atau sering disebut oil cooler, pada jenis ini memang jarang digunakan oleh banyak kendaraan. 

Namun beberapa ada yang menggunakan jenis ini, pada dasarnya untuk jenis ini hanya untuk mendinginkan oli didalam mesin saja.(Red)