Musim Penghujan, Satgas Citarum Harum Bersihkan Aliran Sungai Cigoong Darangdan

Pembersihan sungai Cigoong di Kampung Cipancur, Kecamatan Darangdan. (Foto: Dok. Satgas Citarum Harum)

Purwakarta Update | Di musim penghujan, Satgas Citarum Harum Sektor 13, genjot kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan dengan melakukan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Cigoong yang berlokasi di Kampung Cipancur, Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Komandan sektor (Dansektor) 13 Kolonel Inf Dwi Sunyata melalui Danpok Satgas Citarum Harum SSK 1 POK 1/Desa Gandasoli Pelda Ujang Sobandi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin Satgas Citarum Harum dalam memelihara kebersihan DAS.

Terlebih, saat ini hujan dengan intensitas tinggi kerap terjadi di wilayah setempat hingga terkadang menyebabkan meluapnya air sungai.

Baca Juga:  Jelang Mudik Lebaran, Tempat Penitipan Hewan di Purwakarta Alami Peningkatan

“Seperti diketahui, saat ini sedang musim penghujan. Jika sungai- sungai tidak dibersihkan, khawatir air meluap dan terjadi banjir hingga merendam area pesawahan” jelas Pelda Ujang Sobandi, pada Selasa (26/4/2022).

Diketahui, aliran sungai Cigoong mengairi ratusan hektar sawah produktif di wilayah sekitar. Jika terjadi banjir, tentunya akan berdampak langsung pada area pesawahan yang merupakan salah satu sumber kehidupan hingga mata pencahariaan masyarakat setempat.