Kompak, TNI dan Polri Di Purwakarta Bersihkan Pasar Tradisional

PURWAKARTA – Purwakarta Update – Dalam rangka mengantisipasi dampak banjir akibat tingginya intensitas curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Purwakarta, Koramil 1902/Plered, Kodim 0619/Purwakarta bersama Polsek Plered, Polres Purwakarta menggelar karya bakti pembersihan pasar tradisional.

Nampak terlihat, Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho bersama Danramil 1902/Plered kompak membersihkan Pasar Citeko, Desa Citeko, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Pada Kamis, 7 Desember 2023.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho mengatakan, karya bhakti pembersihan sampah ini merupakan kolaborasi antara Koramil 1902/Plered dengn Polsek Plered serta masyarakat.

“Pembersihan sampah yang berserakan sepanjang jalan dan sekitar pasar Citeko dilakukan, agar pasar tidak terlihat kumuh dan kotor. Juga untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas TNI/Polri serta aparat pemerintah serta masyarakat,” ungkap Ali.

Baca Juga:  Video: Panorama Gunung Lembu Purwakarta yang Sangat Diminati Para Pendaki

Menurut Ali, kegiatan karya bakti yang di inisasi Koramil 1902/Plered ini merupakan upaya antisipasi masalah tersumbatnya aliran air oleh sampah-sampah yang menutupi selokan.

“Kegiatan ini membutuhkan kepedulian dan kesadaran kita bersama untuk menjaga agar lingkungan sekitar tetap dalam kondisi bersih dan indah, sehingga dengan sendirinya kesehatan juga terjaga dan terpelihara,” ujar Ali.

Terpisah, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1902/Plered, Kapten Arm Witopo mengatakan, dengan anggota yang dikerahkanya, pembersihan lingkungan pasar ini difokuskan, disekitar area parkir dan lapak pedagang diluar pasar.

Baca Juga:  Singing Competition HUT RI KE-78 Kedan-Z, 2024 GANJAR Menuju Indonesia Hebat

Dengan menggunakan berbagai peralatan kebersihan sapu lidi dan Motor pengangkut Sampah, tanpa ada rasa canggung dan sungkan anggota Koramil 1902/Plered dan Polsek Plered dengan petugas pasar serta masyarakat.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya masalah sampah di sekitar pasar Citeko, terlebih saat ini memasuki musim hujan. Maka seperti tersumbatnya selokan juga bau busuk yang ditimbulkan, dapat menimbulkan penyakit.

“Sesuai arahan satuan atas dan Komandan Kodim 0619/Purwakarta, langkah antisipatif Koramil 1902/Plered mengajak semua pihak agar bersama-sama untuk menjaga kebersihan terutama memasuki musim penghujan,” Ucapnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi, Program Kartu Prakerja Bisa Diakses Lewat Karier.mu

Dengan kegiatan ini diharapkan, Kata Witopo, terjalin hubungan yang baik antara Koramil, Polsek dan pengelola pasar, selain itu juga untuk memberikan kesadaran kepada pedagang maupun pembeli agar sadar akan pentingnya kebersihan.

Purwakarta, Kamis, 7 Desember 2023