PPKM Mikro Efektif Kurangi Angka Penularan Virus, Ini Kejelasan Dandim 0619/Pwk Usai Pimpin Apel Patroli

PURWAKARTAUPDATE.com -Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia menginstruksikan agar melaksanakan PPKM Darurat Covid-19 seluruh wilayah Jawa Barat, salah satunya di Kabupaten Purwakarta yang sudah diberlakukan terhitung dari mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021. Hal itu diperlakukan demi menekan angka kasus positif Covid-19 di wilayah Purwakarta.

Letkol Arm Krisrantau Hermawan Dandim 0619/Purwakarta selaku Koordinator PPKM darurat mengatakan, patroli di malam ketiga ini mengerahkan dua peleton personilnya untuk mengawal jalannya PPKM Mikro darurat, karena adanya penambahan waktu 2 jam hasil evaluasi yang di sampaikan tadi siang oleh menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan.

Sehingga pemberlakuan PPKM Mikro darurat di Purwakarta dimajukan 2 jam lebih awal yang semula pukul 20:00 Wib sampai pukul 24:00 Wib menjadi pukul 18:00 Wib sampai 24:00 Wib, karena ada penambahan waktu 2 jam. Hal itu membuat jajaran satgas Covid-19 melakukan apel lebih awal, terang Danramil.

Baca Juga:  Awal Tahun 2022, Puluhan Anggota Polres Purwakarta Dapat Kado Istimewa, Apa Itu?

Ia mengatakan (Dandim-red) Hasil evaluasi itu disampaikan kepada Pangdam, Kapolda, Gubernur, Walikota dan Bupati serta Forkopimda yang masuk di asesman level 4. Menteri Marves menyampaikan juga bahwa pergerakan atau mobilitas masyarakat masih tinggi dan ini berbanding lurus dengan angka penularan virus Covid-19, ujarnya.

Menurut Dandim, beliau (Mentri Marves-red) menilai angka penularan itu berbanding lurus dengan mobilitas masyarakat. Hal itu dinilai dengan menggunakan tiga metode yaitu dengan Google Traffic, kemudian Facebook Mobility dan Night Lite dari Nasa.

Baca Juga:  Disdukcapil Purwakarta: Perubahan KTP Elektronik Menjadi KTP Digital Sedang Dipersiapkan

Sambungnya, ditiga sistem itu di combine kemudian muncul data yang bisa di analisis berupa pergerakan atau mobilitas masyarakat disuatu kota. Ini dinilai masih sangat tinggi.

“Kita berharap dari apa yang di sampaikan oleh Menteri Marves khususnya area yang terkonfirmasi positif pada varian Alfa bisa menurunkan angka mobilitas masyarakat diangka 30 %, bahkan untuk varian delta yang lebih ganas diharapkan bisa menurunkan mobilitas sampai dengan 50%,” ucapnya.

Dandim 0619/Purwakarta juga berharap mobilitas masyarakat semakin rendah keluar dari rumah dan lebih baik di rumah saja jika tidak ada hal yang lebih penting untuk keluar rumah.

Baca Juga:  Ada Surat Edaran Penanaman Bambu Untuk Pejabat dan Kepala Desa di Purwakarta

“PPKM Mikro darurat ini lebih efektif untuk mengurangi mobilitas masyarakat sehingga mengurangi angka penularan virus Covid-19 di kabupaten Purwakarta,” jelas Dandim kepada awak media usai pimpin apel, Senin malam (5/7/2021).

Tambah Dandim, untuk Personil dari Kodim 0619/Purwakarta sendiri dalam PPKM di malam ini mengerahkan dua peleton dan untuk personil gabungannya sekitar 120 Personil yang terdiri dari Polres Purwakarta, Satpol PP dan Dishub.

Penyekatan dilakukan dijalan protokol mulai dari jalan pembaharuan sampai jalan RE Martadinata (Jalan tengah) dan jalan KK. Singawinata.