Soal Pembelian Tanah, Pemda Melalui Distarkim Sudah Berdasarkan SOP

PURWAKARTAUPDATE.com | Terkait persoalan Pembelian Tanah milik Zainal Mutaqin mantan Ketua Iwapa Pasar Rebo yang berada di Desa Lebak Anyar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta seluas 3.329 M2.

Dengan anggaran Rp 4.494.150.000 Miliar, yang dibayarkan sekitar bulan Maret tahun 2020 oleh Pemkab melalui Distarkim Purwakarta rencananya akan dibuat ruang terbuka hijau.

Hal itu sudah melalui tahapan-tahapan secara prosedur dan sudah dapat penilaian hasil appraisal sesuai nilai pasar.

Ir H. Agus Permadie selaku Kabid Tata Ruang Distarkim Kabupaten Purwakarta setelah di konfirmasi di ruang kerjanya pada Rabu (15-9-2021) mengatakan, pembelian Tanah oleh Pemkab melalui Distarkim tersebut sudah melalui tahapan-tahapan dan sudah melalui prosedur atau SOP.

Baca Juga:  PPKM Darurat Bakal Diperpanjang? Pemkab Purwakarta Belum Bisa Memastikan

“Adapun permasalahan adanya refocusing atau pemangkasan anggaran kegiatan itu dihitung untuk per Dinas bukan per kegiatan. Pemangkasan anggaran tersebut adalah (50%) dari total semua kegiatan,” ucapnya, itu berlaku untuk semua Dinas yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Sementara, pada Jumat (17/9/2021). Norman, Kasi Tata Ruang menambahkan, perencanaan pembelian tanah untuk ruang terbuka hijau tersebut dari tahun 2019 itu pun sebelum ditetapkannya refocusing, dan baru dibayarkan pada Maret 2020.

“Karena harus melalui tahapan-tahapan dan prosedur yang ada. Sedangkan Refocusing anggaran di Kabupaten Purwakarta yang tertuang dalam Inpres Nomor 4 Pada Tahun 2020 Tentang Refocusing Anggaran,” ujarnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik Dari KEMPAN-RB