Kolaborasi Organisasi Lakukan Baksos Bela Purwakarta

Foto : Beberapa komunitas dan organisasi saat akan melakukan baksos

PURWAKARTAUPDATE.com | Aksi Kolaborasi Bakti Sosial BELA PURWAKARTA sesi ke 2 kembali dilaksanakan oleh sejumlah Komunitas dan organisasi di Purwakarta dalam rangka melakukan bakti sosial berupa sembako, vitamin, masker dan 500 bungkus bakso. Pembagian bantuan itu menyasar ke yatim piatu, Pedagang Kaki lima, Sopir angkot dan sejumlah pengguna jalan di jalan taman makam pahlawan dan sekitarnya.

Adapun organisasi dalam Bela Purwakarta seperti Pemuda Panca Marga, Sudawani, SPSI dan BBC Skills hingga Komunitas Pedagang Bakso Nusantara (KPBN) serta lainnya yang bersatu dalam Bela Purwakarta.

Ditempat yang sama, Koordinator Bela Purwakarta, Aa Komara mengatakan bahwa kegiatan sosial ini sebagai upaya agar Purwakarta sembuh kembali dari pandemi covid-19. Dengan adanya kegiatan ini mampu menumbuhkan jiwa sosial kepedulian ke sesama.

“Penerima Manfaat dari Kolaborasi Baksos BELA PURWAKARTA ke 2 ini adalah Para Pengemudi Angkot yang terdiri dari perwakilan dari setiap jalur yaitu jalur 01, 02, 03, 04, 05, 06, 07 dan jalur 43 yang menerima sejumlah Paket Sembako serta masker, vitamin dan bakso gratis. Serta para pedagang kaki lima dan pemulung di sepanjang Jalan Pahlawan,” ucap dia.

Baca Juga:  Libur Panjang Idul Adha 1444 H, Peluang Besar Jaring Wisatawan di Purwakarta

“Pada Kolaborasi Baksos kali ini, di antaranya Kami menyasar Panti Asuhan Yatim Piatu Khoerunissa, berdasarkan survey sebelumnya bahwa pada situasi sekarang setiap pondok atau panti yatim piatu terdampak oleh Pandemi dikarenakan donasi dari para dermawan yang biasanya lancar membiayai kebutuhan rutin operasional, pada situasi terakhir ini mengalami penurunan, bahkan ada beberapa donatur yang tidak melanjutkan menyantuni para yatim piatu tersebut,” jelas Komara.

Menurutnya, hal ini disebabkan para donatur tersebut kondisi perekonomiannya terimbas oleh situasi Pandemi yg sudah berlangsung hampir 2 tahun ini, karena beberapa dari donatur ada yg berprofesi sebagai karyawan yg akhir nya terkena PHK, para pedagang yang mengalami penurunan omset bahkan gulung tikar, dan berbagai profesi lainnya yg ikut terkena dampak Pandemi.

Baca Juga:  Dinsos Jabar Berikan Sertifikat Kompetensi Barista Kepada 106 Anak di Jawa Barat

Kolaborasi Baksos pada Sore Hari, Jum’at 6 Agustus 2021 itu ditutup dengan pembagian Bakso Gratis, Masker dan Vitamin kepada sejumlah pengguna jalan di jalur Jalan Pahlawan tersebut.

Ketua KPBN Korwil Purwakarta, Eko Nurharyanto mengatakan, ditengah pandemi covid-19 dengan adanya penerapan PPKM level 4 di Purwakarta membuat ekonomi masyarakat melemah. Akan tetapi bukan berarti dengan kondisi yang lemah membuat kita diam.

“Mari kita bersama-sama gotong royong saling membantu. Dengan adanya Bela Purwakarta ini tentu menambah energi baru untuk saling bahu membahu memulihkan kondisi ekonomi,” ujarnya saat sedang membagi bakso gratis ke PKL, Jumat (7/08/2021).

Baca Juga:  Belajar Pemadam Kebakaran Usia Dini, Bocah di Purwakarta Ikuti Kegiatan Edacil

Pihaknya dari KPBN korwil Purwakarta telah membagikan 500 bungkus bakso kepada yatim-piatu, PKL dan pengguna jalan yang melintas di jalan pahlawan.

“Kita menyediakan 500 bungkus bakso dari KPBN, hanya ini yang bisa kita bagikan. Meski banyak pedagang seperti tukang bakso juga ikut terdampak penerapan PPKM darurat level 4 ini, masih bisa berbagi ke sesama,” jelasnya.

Sementara, salah satu supir angkot selaku penerima bantuan mengatakan banyak terimakasih kepada bela Purwakarta karena telah membantu dirinya. Ia pun berharap kegiatan seperti ini terus digalakkan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Purwakarta.

“Selama PPKM saya tidak pernah mendapatkan bantuan sedikitpun dari pemerintah, baik itu BST dan sejenisnya. Baru kali ini dapat bakso gratis, beras dan vitamin serta masker. (Sept)