Sandiaga Uno: Lulusan Fakultas Psikologi Unisba Punya Keunggulan dan Loyalitas

PURWAKARTAUPDATE.com | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengakui bahwa para lulusan atau alumni Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (Unisba) memiliki keunggulan dan loyalitas dalam peningkatan kualitas dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Dia mengatakan, saat ini peringkat Fakultas Psikologi Unisba tercatat terakreditasi A telah berkembang pesat dengan jumlah lulusan lebih dari 3.000 orang.

“Saya mengenal beberapa alumninya dan menemukan keunggulan mereka bukan hanya dalam hal kompetensi dalam bidangnya, namun juga loyalitas keistiqomahan mereka dalam mengemban nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘Alamin,” kata Sandiaga dalam sambutannya dalam Milad ke-48 Fakultas Psikologi Unisba yang disiarkan secara virtual lewat Zoom Meeting, Minggu (22/8/2021).

Baca Juga:  Telinga Sering Berdenging, Bisa Jadi Pertanda Anda Mengalami Penyakit Ini

Dia mengungkapkan, kiprah lulusan Fakultas Psikologi Unisba saat ini tersebar di berbagai instansi lembaga pemerintah, perusahaan swasta murni, BUMN, BUMD, Bank Swasta, Bank Pemerintah, Biro Konsultasi Psikologi, dan Wiraswasta.

Menurut Sandiaga, keberadaan lulusan yang tersebar dan menduduki berbagai posisi jabatan merupakan indikator bahwa eksistensi Fakultas psikologi Unisba dapat diterima oleh masyarakat secara luas.

“Saya berharap bidang ilmu psikologi dapat berkontribusi mendukung perkembangan SDM, saya yakin Fakultas Psikologi Unisba telah menunjukkan upaya mendukung peningkatan kualitas SDM Indonesia khususnya dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

“Upaya tersebut dapat kita temui dari program pengabdian pada masyarakat dan penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosennya. Ini adalah bukti nyata kontribusi nyata dalam mendukung tujuan pembangunan nasional,” tambahnya.

Baca Juga:  Hmm, Dedi Mulyadi Kepergok Pekerja WNA China yang Jadi Tukang Pencatat Barang

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi Unisba Dr. Dewi Sartika, M.Si.Psikologi dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini Fakultas Psikologi telah menghasilkan lulusan sarjana Psikologi dan Psikolog Muslim yang memiliki karir di berbagai bidang. Bidang yang dimaksud yaitu bidang industri, pendidikan, bisnis, finansial, kesehatan, militer-kepolisian, dan pemerintahan.

“Sesuai dengan misinya Psikologi Unisba terus mengembangkan Psikologi Islam sehingga lulusan dapat berkiprah di tengah masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan umat manusia,” ucap Dr. Dewi.

Dia berkomitmen, Di usia ke-48 tahun Fakultas Psikologi terus meningkatkan tridarma dan jalinan kerjasama sehingga memiliki daya saing di level nasional dan internasional.

Baca Juga:  Keistimewaan bersedekah makanan dalam islam

Dalam sambutannya, Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., berharap, Fakultas Psikologi Unisba bisa menjadi fakultas yang unggul. Menurut sepengetahuannya, Psikologi Unisba berdiri pada tahun akademik 1972/1973 dengan alasan bahwa Unisba ingin berkecimpung dan berkiprah untuk ambil bagian dalam dunia pendidikan khususnya dibidang pendidikan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya ucapkan selamat merayakan Milad ke-48, mudah-mudahan Fakultas Psikologi tetap memenuhi harapan umat dan tetap berkeinginan meningkatkan kapasitas diri menjadi sebuah fakultas yang unggul,” jelas Prof. Edi.(Red)