BMKG Bandung Sebut Sesar Lembang Bisa Timbulkan Gempa Sampai ke Purwakarta?

Ilustrasi gempa bumi. (Dok. BPBD Bali)

Purwakarta Update | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung merilis sekenario jika Sesar Lembang bisa menimbulkan gempa bumi hingga 6,8 skala richter (SR), potensi gempa tersebut diprediksi terdampak di wilayah Bandung, Purwakarta dan sekitarnya.

Kendati belum bisa diprediksi kapan gempa akibat aktivitas Sesar Lembang akan terjadi, warga diminta melakukan mitigasi sejak dini.

Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu menjelaskan, jika Sesar Lembang dengan skenario gempa bumi magnitudo 6,8 SR terjadi, maka diprediksi ada lima wilayah yang akan paling terdampak.

Baca Juga:  Purwakarta Diguncang Gempa Magnitudo 3,4, Getarannya Dirasakan Juga di Bandung Barat

Kelima daerah itu adalah Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Purwakarta.

“Wilayah Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Bandung, dan Purwakarta diprediksi akan mengalami guncangan skala VI-VII atau dampaknya kerusakan sedang,” kata Kepala BMKG Stasiun Bandung, Senin 18 Oktober 2021.

Di lima daerah tersebut diperkirakan akan banyak kecamatan yang mengalami dampak gempa bumi dari Sesar Lembang yang membentang sepanjang 27 kilometer.