Nobar bersama Ganjar Pranowo Dalam Njamu Desa Pematang Kasih di Sergai

Ganjar Pranowo dalam Vidcon beliau kepada ribuan Warga Desa yang sedang berkumpul,

Sumatera Utara – Serdang Bedagai, Purwakarta Update – Gebyar Seni Budaya Njamu Desa Pematang Kasih, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dimeriahkan oleh wargane Jawa Pak Ganjar, pada Selasa 29 Agustus 2023, sekira pukul 16.00 Wib s/d Pagi Dini Hari.

Njamu Desa merupakan tradisi slametan yang identik dilakukan menunjukkan rasa syukur seluruh warga desa mengingat hasil pertanian yang bagus dan jauh dari segala bala, serta wabah penyakit khususnya untuk Desa Pematang Kasih, Kec.Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai tepatnya berlokasi di Sanggar Sinar Budoyo.

Hasil pantauan awak media yang bertugas, dimana Acara dimulai dengan Do’a dan digelarnya Kenduri bersama Kepala desa (Kades) Bapak Sutrisno, Camat Pantai Cermin Muhammad Fajar Kurniawan Dan para sesepuh serta tokoh masyarakat dan juga berkolaborasi bersama Tim Sumut Rumah Kita.

Baca Juga:  Waduh! Seekor Monyet Liar Serang Pemukiman Warga di Wanayasa

Diketahui bahwa rangkaian acara yang dimeriahkan oleh tarian tradisional Reog Ponorogo, Jaran kepang (jaranan) dan Wayang Orang dari Sanggar Sinar Budoyo Mas Guntoro Cs, Campur Sari dengan MC Mas Parianto dan Sinden Eka serta Wayang Kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang Sunardi dari Bromo, dengan Antusiasme Ribuan masyarakat terlihat berduyun-duyun menuju lokasi acara untuk melihatnya serta merasakan kemeriahan acara tersebut secara langsung. Selain itu, sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelaku UMKM Desa Pasar Miring juga turut ikut andil dalam memeriahkan acara tersebut.

Malam Hari yang menjadi malam puncak acara Gebyar yang ditandai dengan pagelaran wayang orang yang sangat kocak, dan Musik Campursari. Acara dimulai pada tengah malam hingga pagi dini hari dalam Wayang Kulit dimainkan oleh Ki Dalang Sunardi dari Bromo dengan Lakon Wahyu Mahkuto Romo.

Baca Juga:  Wisata di Ujung Aspal Purwakarta, Dinaungi Hutan Pinus yang Sejuk dan Indah

Tampak Antusias Ribuan Warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan akbar ini terlihat jelas, dimana masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa berkumpul memenuhi lokasi acara guna menyaksikan secara live Video Conference (Vidcon) bersama Gubernur Jawa Tengah GANJAR PRANOWO.

Ganjar Pranowo dalam Vidcon beliau kepada ribuan Warga Desa yang sedang berkumpul, “Saya sangat senang sekali diajakin nonton bareng wayang di Desa Pematang Kasih Kabupaten Sergai, dengan antusiasme penonton masyarakat yang sangat ramai dan meriah walau saya sedang di dalam perjalanan di dalam mobil setelah bertemu dengan Bapak Presiden, dengan khas budaya Jawa yang masih sangat asli, Saya sangat senang sekali melihat bapak ibu sekalian ternyata di Sumut banyak peminat wayang yang merupakan budaya asli Indonesia”, ucapnya sambil tersenyum manis dan tampak girang dihadapan ribuan massa yang hadir.

Baca Juga:  Mobil Avanza Tabrak Warung Sate Maranggi Hingga Terjun ke Jurang di Wanayasa

Dan Kemudian Kades Sutrisno bersama penonton mengucapkan, “Terimakasih banyak kepada Bapak Ganjar Pranowo dengan apa yang telah diselenggarakannya Gebyar Njamu Desa Pematang Kasih Kecamatan Pantai Cermin oleh beliau pada hari ini, mudah-mudahan melalui kegiatan Akbar ini, kita semua dapat diberikan kesehatan serta keselamatan atas izin Allah SWT”, ungkap Kades dihadapan warga yang sangat meriah dan tampak pula mengkrumunin lokasi acara gebyar akbar tersebut.

Dengan Harapan saat Ketua Guntoro Sanggar Sinar Budoyo Desa Pematang Kasih diwawancarai awak media yang bertugas, kedepannya agar jalan menuju Desa Pematang Kasih Kecamatan Pantai Cermin saat ini yang masih sangat buruk aksesnya dapat dibantu untuk perbaikan agar lebih bagus lagi dan dapat pula lebih diperhatikan dari Pemerintah setempat. (Rizky Zulianda)