Antusiasme Sambut HUT RI ke-76, Warga Sindangpanon Bangun Menara Eiffel

PURWAKARTAUPDATE.com | Menyambut HUT RI ke-76, beragam kreativitas dilakukan warga untuk menyemarakannya, satu diantaranya di Kampung Sukaresmi, Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Warga di Kampung Sukaresmi mendekorasi wilayahnya dengan membuat replika menara Eiffel seperti di negara Prancis.

Nampak sebuah replika unik yang berbentuk menara Eiffel dengan tinggi kurang lebih 6 meter tersebut mejeng sebagi gapura di gang di kampung tersebut dan saat malam hari lebih indah karena dihiasi lampu warna-warni.

Agus Maulana, salah satu tokoh masyarakat di kampung Sukaresmi mengatakan, pembuatan replika menara Eiffel ini dalam rangka menyambut Agustusan dan dikerjakan dengan swadaya masyarakat.

Baca Juga:  Terkait Kelangkaan Oksigen di RS Holistic, Bupati Purwakarta Terjunkan Tim Khusus

“Ini konsepnya menara Eiffel dalam rangka menyambut Agustusan. Dari dulu kami memang buat yang unik setiap Agustusan ini inisiatif anak-anak (warga Kampung Cigugur Tengah). Kreatifitas warga pinggiran kota, yang dibuat dari bahan seadanya,” ucap Agus, pada Senin (16/7/2021).

Ia menjelaskan proses pembuatan ini dikerjakan selama 3-4 hari oleh puluhan warga dan pemuda.

Pria yang akrab disapa Kang Ireng itu menambahkan alasan pembuatan replika menara Eiffel ini lantaran di kampung Sukaresmi ini memiliki tema yang berbeda.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta: Keluarga yang Terencana Jadi Faktor Menuju Keluarga Sejahtera

“Replika menara Eiffel ini memiliki tinggi kurang lebih 6 meter dan kerangkanya terbuat dari bambu serta diujungnya dipasang bendera merah putih serta dihiasi dengan lampu-l warna-warni,” ucap kang Ireng.

Kang Ireng berharap inisiatif pembuatan replika menara Eiffel ini dari hasil kreativitas warganya bisa membuat warga ikut meramaikan dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

“Butuh ketelitian dan keuletan dan keahlian khusus untuk mewujudkan pembuatan replika menara Eiffel tersebut. Ini merupakan karya kampung Sukaresmi dalam menyambut HUT RI ke-76 yang saat ini dalam Pandemi Covid-19. Semoga saja Pandemi Covid-19 ini segera berakhir, supaya kegiatan agustusan bisa kembali semarak seperti dulu,” tungkas Kang Ireng.(Gin)

Baca Juga:  Bupati Purwakarta: Fasilitas yang Memadai Adalah Kunci Sukses Olahraga di Daerah