Desa Sukatani Jadi Percontohan Kampung Bebas Dari Narkoba di Kabupaten Purwakarta

wilayahnya yang benar-benar bebas narkoba dan bisa menjadi contoh bagi desa lain.
wilayahnya yang benar-benar bebas narkoba dan bisa menjadi contoh bagi desa lain.

PURWAKARTA – Purwakarta Update – Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani merupakan pelopor Kampung Bebas Dari Narkoba di Kabupaten Purwakarta sekaligus sebagai desa percontohan penanggulangan narkoba yang dibentuk Polres Purwakarta dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Kepala Desa Sukatani, A Abdul Azis TB Limbong mengatakan, dipilihnya Desa Sukatani sebagai percontohan Kampung Bebas Dari Narkoba karena berdasarkan data dari Kepolisian Desa Sukatani ini termasuk paling rawan penyalahgunaan atau peredaran narkoba.

Mengapresiasi wilayahnya yang benar-benar bebas narkoba dan bisa menjadi contoh bagi desa lain.
Mengapresiasi wilayahnya yang benar-benar bebas narkoba dan bisa menjadi contoh bagi desa lain.

Dengan dibentuknya Kampung Bebas Dari Narkoba di Desa Sukatani, pihaknya sangat mengapresiasi dilaksanakan kegiatan tersebut, sehingga wilayahnya benar-benar bebas narkoba dan bisa menjadi contoh bagi desa lain.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut dukung pembentukan Kampung Bebas Dari Narkoba di Desa Sukatani ini,” ungkap Pria yang akrab disapa Agis Itu, pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Baca Juga:  BMKG: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Wilayah Jabar

Dirinya berharap dengan dibentuknya Kampung Bebas Dari Narkoba di Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta dapat mempersempit ruang gerak para pengedar dan pecandu narkoba.

Agis mengajak semua elemen masyarakat bekerja sama memerangi narkoba, dan diharapkan Desa Sukatani bisa menjadi desa yang bersih dari narkoba.

“Tatanan terkecil itu adalah keluarga, dan ketahanan keluarga sangat penting untuk cegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan terkecil. Maka dari itu kami mengajak semua masyarakat Desa Sukatani untuk berperang melawan narkoba. Karena narkoba adalah sumber kehancuran dan apabila sudah bebas dari narkoba akan menjadi lebih sejahtera,” Ungkap Agis.

Baca Juga:  Vaksinasi Massal di Mapolsek Sukasari, Peserta Diberikan Kupon Undian Puluhan Hadiah

Terpisah, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan terbentuknya Kampung Bebas Narkoba tersebut, merupakan upaya dan komitmen bersama yang dilakukan warga, TNI-Polri dan perangkat desa sebagai wujud keprihatinan dari bahaya pengaruh narkoba. Terutama keselamatan generasi muda agar tidak sampai terlibat dalam peredaran maupun penyalahgunaan narkoba.

Kapolres menyebut, pihaknya akan melakukan sejumlah upaya disiapkan untuk mewujudkan Kampung Bebas Narkoba di Desa Sukatani.

“Kami sudah membuat program untuk melakukan upaya preventif dan preemtif pencegahan peredaran narkoba. Kami juga melakukan penyuluhan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Upaya-upaya terakhir kami akan melakukan penegakan hukum bagi penyalahgunaan narkoba,” kata Edwar sapaan akrab Kapolres Purwakarta itu.

Baca Juga:  Mantan pejabat tinggi di Purwakarta berencana melaporkan Kepala Dinas Kesehatan

Kapolres mengatakan perang terhadap narkoba merupakan tugas bersama seluruh masyarakat. Sehingga diperlukan kerja keras dan kerja sama untuk mewujudkan itu semua.

“Oleh karena itu, ini tantangan tugas bersama bagaimana menjaga agar generasi bangsa betul-betul bisa aman dan bebas narkoba. Kita terus perang bersama melawan narkoba, ini butuh kerja keras, kerja sama dan sinergitas seluruh elemen pemangku kepentingan, termasuk masyarakat,” Tegas Edwar.

Purwakarta, Kamis, 10 Agustus 2023