Kiat Menghemat Penggunaan Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

PURWAKARTAUPDATE.com | Penggunaan listrik di era kemajuan teknologi sekarang ini boleh dikatakan cukup tinggi. Apalagi ada banyak alat elektronik rumah tangga yang tentunya mempermudah pekerjaan rumah, namun biaya listrik juga tidak bisa dibilang murah.

Karena Hal tersebut kalian mesti memutar otak agar tagihan listrik tidak membekak. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar tagihan listrik tidak membengkak.

Oleh sebab itu berikut cara menghemat listrik agar tagihan tidak membengkak yakni:

Pertama. Cabut Kabel Listrik saat Tidak Digunakan – Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya HP, laptop, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya.

Baca Juga:  Imbang Dari Thailand 2-2 di Leg 2 Final, Timnas Indonesia Jadi Runner Up Piala AFF 2020

Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off.

Kedua. Gunakan Listrik Sistem Prabayar (Token) – Penggunaan listrik dengan sistem token (pulsa) akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik.

Secara tidak langsung, sistem token ini akan membuat Anda lebih bijak mengatur penggunaan listrik di rumah, agar tidak terus-terusan beli pulsa listrik, tentu Anda harus hemat listrik.

Baca Juga:  Inilah Kandungan Penuh Manfaat Dari Alga Coklat (Phaeophyta)

Ketiga. Hemat Pemakaian Lampu – Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan penerangan di rumah dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari.

Terapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00 untuk hemat listrik. Atau nyalakan lampu di sore-malam hari hanya untuk ruangan yang sering digunakan, dan matikan lampu untuk ruangan yang jarang digunakan.(Red)