Mengenal Fungsi dan Tugas dari Seorang Steward Hotel

Ilustrasi Steward Hotel
Ilustrasi Steward Hotel

Purwakarta UpdateApa Itu Steward? Istilah ini mungkin terasa asing di telinga kita tapi tidak asing di telinga beberapa orang. Karena istilah ini ada di dunia kitchen baik resto ata hotel. Bagi yang ingin mengetahui istilah ini lebih lanjut bisa baca ulasan ini sampai akhir.

Secara spesifik steward adalah jabatan yang berkaitan dengan dapur. Namun bukan chef, kadang dia juga berada di depan menyambut tamu. Lalu apa sih penjelasannya secara detail? Di sini akan kami uraikan beberapa keterangan mengenai steward dari pengertian, tugas, dan beberapa hal menarik lainnya. Mari kita simak mulai dari awal.

Steward apa sih?

Setidaknya ada tiga jenis steward: steward olahraga, hospitality dan steward transportasi. Tugas mereka semua mirip atau bahkan sama. Seorang steward harus menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bidangnya.

Baca Juga:  Polsek Darangdan Gelar Baksos Dengan Menyalurkan Sembako Kepada Kaum Lansia

Sebagai contoh seorang steward restauran, di harus mendistribusikan makanan matang dari koki ke meja santap. Namun di sisi lain dia juga menyambut tamu. Tugasnya bisa dikatakan memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Di dunia olahraga pun demikian, misalnya pertandingan sepakbola. Dia harus menyiapkan lapangan berikut bola dan pernak-perniknya serta memastikan penonton tidak turun ke lapangan.

Sekarang kalau steward hotel apa tugasnya?

Dia semacam koordinator yang memastikan sebuah hotel berjalan dengan baik. Mulai dari resepsionis sampai banyak hal. Tapi posisinya di bawah manajer. Steward ini juga yang akan membuat laporan tahunan dan melaporkannya pada manajer hotel.

Baca Juga:  MUI Purwakarta Imbau Warga Untuk Teliti Memilih Hewan Kurban yang Bebas Dari PMK

Dalam posisi ini steward kadang bisa berperan di dalam kitchen untuk memastikan semuanya terdistribusi dengan baik. Bahkan kadang dia juga akan membawakan makanan yang sudah dimasak oleh koki ke meja santap.

Dari sini tugas seorang steward tidaklah mudah karena dia semacam penanggung jawab dari sebuah perusahaan tapi bukan manajer atau pemimpin.

Tugas Steward Hotel

Seorang steward hotel memiliki tugas tidak sedikit. Bahkan bisa dibilang tugasnya demikian banyak. Beberapa di antaranya adalah:

• Menyambut dan menerima pelanggan
• Memastikan bahwa pelanggan sudah memesan
• Menjawab panggilan telpon dan memberikan informasi soal pemesanan dan aluranya
• Menyiapkan meja, membersihkan meja
• Mengatur dekorasi musiman misalnya menyambut ramadhan dan idul fitri
• Melayani pelanggan dan bertanya tentang pelayanan, kualitas dan semisalnya
• Memberikan informasi mengenai banyak hal seputar hotel dan semisalnya
• Menyiapkan laporan kepada manajer hotel terkait kinerja dan semisalnya
• Memberikan pengarahan kepada staff hotel tentang kinerja dan semisalnya.

Baca Juga:  Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Gelar LTPT Tingkat Baterai di Kawasan BIC Purwakarta

Kesimpulannya seorang steward hotel kadang disebut dengan bawahan manajer. Sehingga posisinya ada di bawah pengatur langsung dan ada di atas para staf. Dia memiliki kewenangan dalam banyak hal mulai tamu hotel sampai restauran di dalam hotel. Untuk informasi yang lebih jelas seputar dunia hotel bisa anda kunjungi situs https://hotelier.id/. Sampai jumpa lagi. ***