Meski Tidak Populer, Lobak Merah Ternyata Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

PURWAKARTAUPDATE.com | Lobak merah adalah salah satu jenis sayuran yang masuk ke dalam golongan umbi-umbian. Saat ini lobak merah memang belum seterkenal saudara sejenisnya, lobak putih. Lobak merah masih tergolong jarang dikonsumsi di Indonesia.

Padahal, sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lobak merah termasuk sayuran yang kaya akan kandungan beta karoten, vitamin B, vitamin C, alpha karoten, dan juga kalsium.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat lobak merah bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Bikers Brotherhood 1% MC Ikut Andil Dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia

Pertama. Meningkatkan daya tahan tubuh – Lobak merah adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk rutin mengkonsumsi lobak merah agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penularan berbagai virus dan penyakit.

Untuk mendapatkan aneka manfaat lobak merah, kamu bisa mengolahnya sebagai lauk makanan atau sebagai jus yang dicampur dengan buah-buahan. Rasa lobak merah yang bercampur dengan buah-buahan manis pasti akan terasa menyegarkan.

Baca Juga:  Pemberlakuan PPKM di Purwakarta, Kasus Kecelakaan Alami Penurunan

Kedua. Cegah radikal bebas – Menurut beberapa penelitian, lobak merah memiliki kandungan antioksidan dan vitamin B yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mencegah radikal bebas.

Tingginya paparan radikal bebas pada tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari mempercepat penuaan kulit hingga menyebabkan kerusakan sel. Oleh karena itu, untuk mencegahnya sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan.

Ketiga. Anti kanker – Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh juga tergolong cepat. Kandungan betakaroten pada lobak merah dapat bertukar menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga:  Terkait Bocornya Sertifikat Vaksin Presiden Jokowi, DPR RI Akan Tanya Kapolri

Vitamin A mampu membantu merangsang pertumbuhan sel yang sehat, meningkatkan sistem imun, melindungi sel-sel, dan sebagai anti kanker yang baik untuk tubuh.(Red)