Puluhan Nakes Terpapar Covid-19, RSUD Purwakarta Kekurangan Obat

PURWAKARTAUPDATE.com | Sebanyak 84 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta terkonfirmasi terpapar Covid-19. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya stok obat-obatan di RSUD Bayu Asih.

Tak hanya itu, kasus Covid-19 yang melonjak di Purwakarta, mengakibatkan keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) sudah mencapai angka 97 persen.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membenarkan kondisi yang sedang terjadi di RSUD Bayu Asih Purwakarta.

“Cukup banyak tenaga kesehatan yang terpapar virus. Tapi rata-rata cukup banyak, di RSUD ini saja ada 84 terkonfirmasi,” kata Ridwan Kamil saat berkunjung ke RSUD Purwakarta, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga:  Terdampak Proyek KCJB, Warga Desa Depok Darangdan Mengadu ke DPRD Purwakarta

Dia berjanji akan segera meminta kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengirimkan obat-obatan ke RSUD Bayu Asih Purwakarta. “Mengingat RSUD Bayu Asih Purwakarta sedang kekurangan obat-obatan,” ucapnya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kekurangan tenaga medis akibat banyaknya tenaga medis yang terpapar Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan segera menambah tenaga kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19 di RSUD Bayu Asih Purwakarta.

“Mudah-mudahan nanti kita tambahkan (tenaga medisnya). karena ada relawan 400 yang sudah kita siapkan. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan menambah 400 relawan untuk membantu penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga:  Antusiasme Masyarakat Purwakarta Cukup Tinggi Untuk Vaksinasi Covid-19

Untuk kebutuhan tabung oksigen di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Ridwan Kamil mengaku masih terkendali. Namun demikian dengan bertambahnya kasus Covid-19 dikhawatirkan akan mengurangi stok tabung oksigen.

“Perlu ada antisipasi. Kita hitung termasuk kekurangan obat di RSUD Bayu Asih Purwakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam akun Instagramnya @anneratna82, menyampaikan bahwa banyaknya nakes yang terpapar Covid-19 berdampak pada pelayanan RSUD Bayu Asih Purwakarta kepada masyarakat.

“Di RSUD Bayu Asih Purwakarta sebanyak 84 orang nakes yang terpapar (Covid-19), dan berdampak pada pelayanan terhadap masyarakat,” tulis Anne dalam Instagramnya.

Baca Juga:  Teknik Latihan Pernapasan Agar Paru-Paru Sehat, Begini Caranya

Tingginya kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta dan keterisian BOR mencapai angka 97 Persen, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan mengoptimalkan treatment pada pasien Covid-19.

“Dengan menyiapkan tempat-tempat seperti hotel atau penginapan untuk dijadikan tempat pemulihan pasien Covid-19 pasca dirawat di rumah sakit. Sehingga tempat tidur di rumah sakit dapat digunakan untuk pasien yang lebih membutuhkan perawatan,” tutupnya.(Red)