Sulit Menelan Makanan? Bisa Jadi Masalah Kesehatan, Kenali Penyebabnya

PURWAKARTAUPDATE.com | Rasa sakit pada tenggorokan saat makan dan minum menjadikan kalian susah untuk menelan. Hal tersebut kerap dianggap sepele, padahal hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala dari masalah kesehatan.

Ada beberapa penyebab kalian menjadi sulit menelan makanan. Beberapa diantaranya menjadi salah satu gejala masalah kesehatan yang berbahaya.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab masalah kesehatan yang mengakibatkan susah menelan makanan yakni:

Pertama. Masalah Tiroid – Kelenjar tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang merupakan bagian dari sistem endokrin. Masalah tiroid yang menyebabkan pembesaran ini mungkin menjadi penyebab kesulitan menelan karena lokasinya yang berada di dekat leher.

Baca Juga:  DPKPB Purwakarta Catat Kasus Kebakaran di Tahun 2021 Alami Penurunan

Terdapat dua permasalahan yang mungkin dialami yaitu hipotiroid atau hipertiroid. Oleh karena itu, ketika mengalami kesulitan menelan yang tak kunjung hilang setelah beberapa waktu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Kedua. Tumor Kerongkongan – Makanan mungkin akan sulit untuk ditelan ketika terdapat tumor yang tumbuh di tenggorokan. Hal ini bisa menyebabkan rasa mengganjal dan juga rasa sakit luar biasa pada saat menelan.

Selain sejumlah gejala tersebut, beberapa gejala yang bisa muncul adalah perubahan suara, sakit di telinga, luka yang tak kunjung sembuh, serta menurunnya berat badan. Ketika kamu mengalami sejumlah kondisi ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga:  TKW Asal Cianjur Akhirnya Ditemukan Setelah Hilang 17 Tahun di Kuwait

Ketiga. Masalah Asam Lambung – Salah satu penyebab dari terjadinya banyak kasus kesulitan menelan adalah karena masalah asam lambung. Masalah ini terjadi ketika isi perut kembali naik ke esofagus dan menyebabkan gejala seperti heartburn, rasa tak nyaman di perut, serta sendawa.(Red)