Teh Basi atau Bekas Pakai Ternyata Punya Manfaat Lho! Yu Simak

PURWAKARTAUPDATE.com | Siapa sangka, ternyata teh basi masih memiliki banyak manfaat yang luar bisa. Biasanya, kebanyakan orang akan membuat teh yang sudah basi.

Memang, teh yang sudah basi atau kadaluarsa akan membahayakan bagi tubuh jika diminum. Namun, walaupun sudah tidak bisa diminum, jangan buru-buru untuk membuangnya. Sebab, teh basi atau kadaluarsa memiliki manfaat yang baik untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat dari teh basi atau kadaluarsa bagi kebutuhan lain yakni:

Baca Juga:  Aspirasi Perbaikan Jalan Rusak Belum Terealisasi, Warga Kampung Cipetir Kembali Beraksi!

Pertama. Sebagai pupuk kompos – Manfaat teh basi atau kadaluarsa yang pertama yakni bisa dijadikan sebagai Pupuk kompos. Umumnya Pupuk Kompos berasal dari banyak kotoran maupun sampah, salah satu jenisnya bisa berasal dari teh yang sudah busuk.

Sebab, teh basi sangat bermanfaat dalam menyuburkan tanah dan mencegah hama seperti tikus. Tak hanya menyuburkan tanah, zat dekomposisi dari teh basi bisa dicampurkan dengan pupuk kompos. Fungsinya untuk mempercepat dekomposisi dan menarik bakteri di dalamnya.

Baca Juga:  Jabar Bergerak Serahkan Bantuan APD Untuk Puskesmas di Purwakarta

Kedua. Untuk Membersihkan Perlengkapan Rumah – Teh dikenal memiliki kandungan astringent yang mampu membersihkan noda dengan cepat. Untuk proses pembersihan, kamu pun bisa memanfaatkan air teh kadaluarsa maupun ampas sisa.

Gunakan sebagai campuran sabun atau deterjen untuk membersihkan perlengkapan rumah. Selain bermanfaat untuk membersihkan perlengkapan rumah, teh basi juga berfungsi dalam membersihkan cermin dan kaca jendela.

Ketiga. Bikin Daging empuk – Selain mengatur kematangan daging agar mendapatkan keempukan yang alami, penggunaan teh basi juga dapat mempermudah hal tersebut.

Baca Juga:  HUT RI ke-76, Bupati Purwakarta: Spirit dan Fokus Hadapi Covid-19 Bersama

Sebab, kandungan tanin dalam teh bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Prosesnya pun cukup mudah, kamu pun bisa merendamkan daging dengan air sisa teh kadaluarsa sebelum diolah.(Red)