Tips Aman Berkendara Saat Berpuasa Ramadan Dari Kasat Lantas Polres Purwakarta

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Warjo saat berkendara motor. (Jabarnews)

Purwakarta Update | Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas), AKP Warjo membagikan tips agar mengemudi atau berkendara lebih aman saat berpuasa di bulan Ramadan.

Berkendara saat bulan Ramadan, sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bulan biasa. Pasalnya, kurangnya asupan makanan dan minuman di siang hari, membuat fisik sedikit mudah lelah dan daya konsentrasi berkurang.

“Ketika puasa kemampuan spasial untuk melihat ke dalaman, jarak, kecepatan, menurun drastis dan waktu reaksi menjadi lebih lambat,” ucap Warjo, saat ditemui di Mapolres Purwakarta, pada Rabu (6/4/2022).

Baca Juga:  Jumat Curhat, Kapolres Purwakarta Gelar Silaturahmi Bersama Awak Media

Belum lagi secara psikologis, kata dia, orang yang sedang berpuasa juga cenderung kurang sabar dan mudah mengantuk karena ada perubahan waktu tidur.

“Beberapa jam tidur dan waktu makan yang berubah mempengaruhi kemampuan pengemudi untuk tetap waspada dan fokus saat berkendara. Kelelahan mengurangi tingkat konsentrasi pengemudi dan meningkatkan waktu reaksinya. Ini berarti bahwa kehati-hatian yang ekstrem diperlukan saat mengemudi selama bulan Ramadan,” jelas Warjo.

Menurutnya, meskipun menjalani puasa, tidur yang cukup, berolahraga secara teratur dan makan makanan pada waktu yang tetap harus dijalani.

Baca Juga:  Kapolres Purwakarta Berserta Jajarannya, Ikuti Vicon Lauching Program Quick Wins Presisi TW II Tahun 2023