Potensi Cukup Menjanjikan, Petani di Purwakarta Kembangkan Budidaya Jambu Kristal

Petani buah jambu kristal di Desa Margasari, Purwakarta. (JabarNews)

Purwakarta Update | Budidaya Jambu Kristal bisa menjadi plihan, bagi anda yang ingin bercocok tanam. Tanaman yang satu ini bisa berbuah tanpa mengenal musim, akan tetapi pada musim kemarau produksi buahnya akan menurun jika di banding musim penghujan.

Salah satu petani buah kristal yang ada di Desa Margasari, Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Rahmat bercerita, setiap kali panen ia bisa memanen buah jambu ini hingga 50 kilogram.

“Kalo panen gimana di pohon banyaknya, terus kalo ada permintaan panen Bisa tiap hari. Kan berbuah dan matangnya tidak semua berbarengan, jadi kalo ada yang matang bisa di panen. Normalnya seminggu tiga kali, sekali panen bisa 50 kiloan mah,” ujar Rahmat diladangnya, pada Jumat, 13 Januari 2023.

Baca Juga:  DPRD Jabar Kunjungi Purwakarta Untuk Meninjau Langsung Pembangunan Apartemen Transit

Ia menjelaskan, buah yang siap panen salah satu cirinya adalah dari warnanya, buah sudah berwarna putih itu tandanya sudah siap di panen, sedangkan buah yang masih hijau belum bisa di panen.

“Rasanya manis alami, dan buahnya lebih sehat, karena saya tidak terlalu banyak melakukan penyemprotan pestisida. Ada hama tapi tidak terlalu banyak karena batang yang sudah tidak produktif di pangkas,” jelasnya.