Bukan Hanya Beri Makan, Pria Ini Mau Memadikan Penyandang ODGJ yang Terlantar

PURWAKARTAUPDATE.com | Purwakarta – Aksi seorang pria yang memberikan perhatiannya terhadap Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tengah menjadi sorotan publik.

Dalam sebuah video yang beredar, nampak seorang pria yang berani memadikan penyandang ODGJ yang diketahui terlantar di Kabupaten Purwakarta, hingga dirinya juga memberikan pakaian pengganti dan memberikan makan untuk ODGJ.

Dalam video itu, nampak pria itu mencoba membujuk ODGJ tersebut, pada awalnya saat mau membantu,meski sempat mendapat penolakan untuk dibantu, ODGJ tersebut akhirnya mau ditolong melahap makanan dan minuman, yang kemudian dimandikannya hingga diberikan pakaian pengganti.

Baca Juga:  Hari Pertama Tahun Baru 2022, Sebanyak 137.207 Kendaraan Kembali ke Jabotabek

Dihubungi terpisah, pria yang membantu ODGJ itu ternyata bernama Ricky Ningrat Wijaya atau yang kerap disapa Kang Uu Wijaya yang merupakan pegiat sosial di Kabupaten Purwakarta. Ia bertemu ODGJ saat sedang kelaparan.

“Awal menemukan, lagi mengorek-ngorek sampah, seolah sedang kelaparan, mencari makanan, ya saya beri makan minum, awalnya galak, warga sekitar juga takut, “ ujar Kang Uu Wijaya, kepada Jabarnews.com, Sabtu (28/9/2021).

Ia mengaku melakukan hal tersebut terhadap ODGJ karena atas dasar kemanusiaan dan prihatin melihat masih ada ODGJ yang terlantar di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Menelusuri Sejarah Keramik Plered, Salah Satu Produk Lokal Asli Dari Purwakarta

“Atas dasar kemanuasian, mebudayakan silih asah, silih asih, dan silih asuh, dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan ODGJ ini masih ada berkeliaran di jalan-jalan Purwakarta,” ujar Kang Uu Wijaya, kepada Jabarnews.com, Sabtu (28/9/2021).

Ia menjelaskan, dalam kehidupan sehari-hari sudah seharusnya manusia untuk menuntut saling menghargai sesama makhluk ciptaan tuhan, baik itu lingkungan hidup, maupun lingkungan sosial khususnya, tidak melihat latar belakang siapa yang ditolong tersebut.

“Bukti mencintai diri sendiri, menolong makhluk hidup mah, saya melakukan ini, dalam artian, yakin dan percaya ada timbal balik pada diri sendiri, yang saya rasa seperti itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Efek Domino Pandemi Covid-19 Berdampak Besar di Semua Lini Kehidupan

Ia mengaku, dirinya sudah lama memberikan perhatian secara pribadi terhadap ODGJ, dari tahun 2016, kata Uu, sudah mulai berani berinteraksi secara langsung dengan ODGJ meski penuh resiko.

“Ancaman, pasti ada. pernah dicakar dan dilempari batu, saat menolong. Tapi, dari itu terus belajar, bagaimana bisa memulihkannya, intinya dengan niat menolong Saya punya keyakinan, niat saya menolong manusia, ini adalah banyak manfaatnya, meskipun tidak secara langsung terasa manfaatnya,” ujarnya.(Red)