ACT Support Jabar Bergerak, Beri Bantuan Modal Untuk UMKM di Purwakarta

PURWAKARTAUPDATE.com | Pandemi Covid-19 tak kunjung diketahui kapan berakhir. Sementara ratusan ribu warga jadi terdampak. Warga yang sangat merasakan dampak dari wabah korona tersebut adalah masyarakat kelas bawah, begitupun para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sebagai upaya menghapi ancaman resesi ekonomi, Jabar Bergerak dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Purwakarta berkolaborasi memberikan Modal Bantuan Usaha bagi Usaha Ekonomi Mikro yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Dengan tetap menomorsatukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, acara yang digelar di Kantor Bakorwil itu dihadiri Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, 

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta, Ai Nurhasan mengatakan kegiatan Bantuan Modal Usaha bagi Usaha Ekonomi Mikro yang ada di Kabupaten Purwakarta ini merupakan program kolaborasi antara Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta dengan ACT Purwakarta.

Baca Juga:  Karena Hal Ini, Puluhan Juru Takar SPBU di Purwakarta Diberi Pelatihan

“Ini program kolaborasi, ACT Purwakarta menyiapkan sejumlah modal dari para donatur, nah kita Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta mengkoordinasikan dengan instansi tempat baik Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta Serta SMK yang bisa kita ajak kerjasama,” ucap Ai, saat ditemui usai acara tersebut, pada Jumat (25/6/2021).

Untuk saat ini, kata dia, ada 20 pelaku UMKM yang mendapat bantuan usaha dari program kolaborasi ini.

“Yang kita harapkan modal ini bisa terus bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha seoptimal mungkin, sehingga nanti kita akan memberikan pendampingan dari SMK yang di bidang itu, ada SMK bidang pemasaran, pengemasan dan sebagainya. Semoga bisa maksimal apa yang kita berikan ini,” harapnya.

Ditempat yang sama, Head Of Marketing ACT Purwakarta, Asyiq Bilah mengatakan program Wakaf Usaha Mikro ini merupakan salah salah satu rangkaian program kemanusiaan dari apa yang sedang menimpa bangsa ini.

Baca Juga:  Jadwal Persipo Purwakarta di Liga 3 Seri 1 2021, Laga Perdana Melawan Depok United

“Kami di ACT yang sebelumnya sangat dikenal lembaga kemanusiaan tanggap darurat bencana. Kami paham, bahwa bencana yang terjadi itu tidak hanya bencana alam, tetapi juga bencana kemanusiaan dan kemiskinan, terlebih saat ini masa pandemi kita sangat memahami bahwa tidak hanya kemudian merugikan di bagian kesehatan, tetapi ekonomi masyarakat juga ikut terpuruk,” tutur Asyiq Bilah

Oleh karena itu, lanjutnya, ACT Purwakarta berkolaborasi dengan Jabar Bergerak Purwakarta dan Pemkab Purwakarta mulai langsung memberikan bantuan modal bagi masyarakat yang usahanya kembali meredup.

“Dengan program bantuan modal wakaf usaha mukro ini, kita berharap dapat menjaga masyarakat, khususnya UMKM agar tetap bisa bertahan dan kita lakukan juga pendampingan dengan harapan masyarakat yang kita bantu nantinya juga dapat kembali membantu sesamanya yang sedang terpuruk,” ucapnya.

Baca Juga:  Jaga Ketahanan Pangan, Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Lima Bendungan

Untuk saat ini, Asyiq Bilah merinci, ada 20 pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta yang mendapatkan bantuan, dengan masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp.1.500.000 dengan total Rp 30 Juta.

“Jadi 20 penerimaan manfaat ini harapannya pengirim manfaat ini bisa memberikan wakafnya, sedekahnya untuk penerima manfaat berikutnya. Di sini kan banyak juga UMKM byang terdampak Covid-19. Dan alhmdulilah kami bisa bersinergi dengan Jabar Bergerak, insyaallah bisa di bantu. Mudah-mudahan seluruh UMKM di Kabupaten Purwakarta bisa sama-sama bergerak bersama kami dan maju bersama kami,” pungkasnya.(Gin)