Gubernur Jabar: Pelaku UMKM Jabar yang Masuk Marketplace Terus Bertambah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Biro Adpim Jabar)

PURWAKARTAUPDATE.com | Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut jumlah pelaku UMKM Jabar yang masuk pasar online atau marketplace terus bertambah.

Ridwan Kamil menyebut, sebelum pendemi Covid-19 hanya 20 persen atau 602 pelaku UMKM Jabar yang masuk di marketplace. Setelah didampingi dan dilatih kini sudah ada 1.623 UMKM masuk marketplace atau naik 34 persen.


Ridwan Kamil mengatakan, selama pandemi ini Pemda Prov Jabar bersama kabupaten/kota mendampingi dan melatih UMKM Jabar untuk tetap bertahan bahkan berkembang dengan beradaptasi dengan teknologi yakni melakukan strategi pemasaran digital.

Baca Juga:  Idul Adha Tahun ini, Harga Kulit Hewan Kurban di Purwakarta Turun Drastis

“Kami di Pemda Provinsi Jabar sangat peduli dengan UMKM. Kenapa? Karena 90 persen ekonomi Jawa Barat itu ekonomi UMKM. Kemudian kita ingin semua go digital maka kita lakukan pelatihan pendampingan semua pokoknya,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan yang diterima, Senin (27/9/2021)

Ridwan Kamil menyampaikan, pihaknya terus mendorong daya saing digital. Saat ini, Jabar menempati posisi dua dalam hal daya saing digital di Indonesia dengan skor 57,1.