Ini Dia Manfaat Daun Ketapang Untuk Pertumbuhan Ikan Cupang

PURWAKARTAUPDATE.com | Memberikan daun ketapang di akuarium ikan cupang penting. Sebab daun ketapang memiliki banyak manfaat yang baik untuk ikan kita. Apa saja manfaat daun ketapang?

Manfaat daun ketapang untuk ikan cupang tentu sudah tidak diragukan lagi. Daun ketapang sebaiknya selalu dimasukkan dalam akuarium demi menjaga kesehatan ikan cupang kesayangan.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat daun ketapang untuk ikan cupang yakni:

Pertama. Menstabilkan pH air – Kadar pH air yang ideal untuk ikan cupang adalah 6,27. Sayangnya, air keran yang sering kita gunakan memiliki pH lebih dari itu. Alhasil membuat ikan cupang kurang nyaman, bahkan dapat mengganggu pertumbuhannya.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Harap Ekonomi yang Berlandaskan Syariah Semakin Maju di Jawa Barat

Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan daun ketapang untuk ikan cupang. Air rendaman daun ketapang dapat membantu menstabilkan pH air, sehingga membuat si ikan lebih nyaman.

Kedua. Sebagai anti jamur – Ikan cupang sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh jamur. Pasalnya, jamur dapat membuat kulit ikan cupang berbintik-bintik putih, bahkan bisa menjadi luka jika tidak segera diobati.

Nah, dengan menambahkan daun ketapang pada soliter ikan cupang, dapat membuat bintik luka pada ikan cupang cepat sembuh. Efek ini dikarenakan kemampuan daun ketapang untuk menstabilkan pH air tersebut.

Baca Juga:  Serbuan Vaksinasi Covid-19 Kini Menyasar Kalangan Santri di Purwakarta

Ketiga. Membantu kembang biak cupang – Kalau kalian berniat menjadi breeder ikan cupang tentu manfaat ini harus diketahui. Ikan cupang sulit berkembang biak dengan optimal tanpa bantuan daun ketapang.

Fungsi daun ketapang selain menurunkan pH air adalah memudahkan anakan ikan untuk tumbuh. Daun ketapang juga penting menjaga mood si ikan, sehingga tidak mudah stres selama perkawinan.(Red)