Mendes PDTT: Santri Berperan Besar Dalam Menggerakkan Ekonomi Pedesaan

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Kemendes PDTT)

Purwakarta Update | Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan, santri berperan besar dalam menggerakkan ekonomi pedesaan.

Menurut menteri yang akrab disapa Gus Halim itu, pondok pesantren yang sebagian besar berada di tengah-tengah desa mempunyai arti penting secara spiritual, sosial, dan ekonomi bagi warga desa.

“Secara kultural pesantren dan desa seperti dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Sebagian besar pesantren berada di tengah-tengah desa,” kata Abdul Halim Iskandar, di sela peringatan Hari Santri Nasional, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Indonesia Akan Mampu Swasembada Energi Terbarukan Pada 2050

“Para kiai pesantren merupakan rujukan utama warga desa jika mereka membutuhkan pandangan terkait masalah spiritual dan sosial. Dewasa ini, pesantren juga menjadi penggerak ekonomi desa,” ujar Abdul Halim Iskandar.

Gus Halim menjelaskan, secara spiritual, pesantren menjadi pusat kegiatan-kegiatan keagamaan. Sedang makna sosial pesantren melahirkan tokoh-tokoh agama yang berperan penting ditengah masyarakat.

“Kalau mau jujur harus diakui jika salah satu kunci kemajuan desa terletak pada peran aktif kiai maupun santri yang bisa bersinergi dengan masyarakat desa. Jika sinergi ini bisa terus dipertahankan maka kemajuan desa segera direalisasikan,” katanya.

Baca Juga:  RS Siloam Purwakarta Membuka Layanan Konsultasi Online Berobat Dari Rumah