Menko Marves Luhut Kunjungi Command Center Satgas Citarum Bandung

PURWAKARTAUPDATE.com | Tim Ahli Satgas Citarum Andy Garna mempresentasikan Command Center pada Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Satgas Citarum Harum membangun Command Center pada 2020 berkolaborasi dengan berbagai stakeholders dalam pola pantehaliks.

“Command Center terwujud dari prakarsa yang berkepentingan seperti Dinas Lingkungan Hidup, Sumber Daya Air,dan stakeholders yang menyumbangkan alat-alat seperti dari BBWS dan pihak swasta yang menyumbang sistem secara cuma-cuma,” kata Andy di kantor Satgas Citarum Bandung, Selasa (7/9/2021).

Dalam Command Center ada dua sisi informasi. Pertama infomrasi ke dalam sifatnya internal. Kedua, informasi luar dan seputar pemberitaan media tentang Citarum yang terlapor ke rekan-rekan pokja dan sektor.

Baca Juga:  Mengenal Adas, Tanaman Obat Yang Memiliki Banyak Khasiat Untuk Kesehatan

“Ada intelligent analitik soal sentimen publik ke Citarum, bulan ini sentimen positifnya lebih tinggi dengan jumlah 55% persen, yang negatif biasanya soal musim banjir,” sebut Andy.

Untuk penggunaan internal, Command Center memiliki sistem pemetaan terintegrasi di mana pada peta ini ada 34 layer yang datang dari stakeholders. ”Ada peta yang terdegradasi lahan kritis, dan industri pencemar bisa dipetakan,” jelas Andy.