Otoklix Jelaskan Cara Cek Mesin Mobil Bekas Dengan Mudah

Logo otoklix.

Purwakarta Update | Dalam membeli mobil bekas kita tidak boleh sembarang dalam memilihnya. Sebab ada cara jitu untuk mengecek mesin mobil bekas yang sehat untuk pemula loh OtoFriends.

Hal ini agar kalian dapat mendapatkan unit mobil yang sesuai keinginan kalian. Selain itu, mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan.

Untuk itu, Otoklix telah merangkum cara jitu cek mesin mobil bekas bagi pemula dalam artikel kali ini. Di simak ya.

Hal pertama yang dapat kalian lakukan saat ingin membeli mobil bekas adalah dengan mengecek kondisi fisik mesin mobil yang akan dibeli. Pada komponen ruang mesin, kamu bisa mengetahui apakah mobil pernah turun mesin atau tidak.

Cara mengeceknya adalah dengan membuka kap mesin dan melihat sekeliling mesin mobil. Jika cat di dalam kap mesin terlihat masih bagus atau baru maka bisa dikatakan mobil tersebut belum pernah overhaul atau turun mesin.

Ruang mesin yang pernah di cat merupakan indikasi bahwa mesin pernah diturunkan. Sebab nya bisa berbagai macam, seperti karena bekas tabrakan atau karena mobil tersebut bekas kena banjir dan sebagainnya.

Cek Adakah Oli Bocor

Selanjutnya kalian bisa memeriksa lebih detail dengan memastikan tidak ada kebocoran oli atau bbm di dalam ruang mesin. Karena mobil yang terawat maka tidak akan ada kebocoran pada mesin tersebut.

Baca Juga:  Berkunjung ke Amsterdam, Ridwan Kamil Beberkan Potensi Investasi di Jabar

Oleh sebab itu kalian wajib mengamati satu per satu bagian mesin mobil, termasuk rembesan oli dan cairan lainnya. Lalu pastikan juga apakah baut dan mur tidak memiliki ujungnya cacat.

Kebocoran oli dalam jumlah kecil biasa terjadi pada sejumlah merek mobil. Namun, jika terdapat noda oli yang banyak pada mesin, bisa jadi itu pertanda adanya kerusakan komponen internal mesin.

Jika menemukan mobil yang memiliki kebocoran oli maka kalian disarankan untuk mencari mobil lainnya.

Nyalakan Mesin

Selain dua langkah di atas, kalian juga bisa menyalakan mesin mobil. Jika langsung menyalah saat pertama kali dinyalakan, hal itu berarti mobil dalam keadaan baik atau normal.

Akan tetapi jika mesin harus dihidupkan beberapa kali,kemungkinan besar terdapat masalah pada sistem pengapian atau mesin.

Jika hal tersebut terjadi kalian bisa tanyakan langsung kepada pemilik mobil soal masalah mesin jika mobil sulit menyala pada percobaan pertama dan kedua.

Dengar Suara Mesin Mobil

Setelah menyalakan mesin mobil kalian bisa mendengar suara mesin mobil tersebut, apakah masih halus atau sudah sedikit kasar. Selain itu, kalian bisa dengarkan apakah ada suara yang tidak wajar keluar dari mesin.

Baca Juga:  Pemerintah Jamin Stok Minyak Goreng Aman Selama Bulan Ramadhan, Harganya?

Kemudian, suara mesin mobil juga bisa mengidentifikasikan mobil bekas banjir. Mobil yang belum diperbaiki usai terkena banjir biasanya lebih kasar dan keras.

Lihat Getaran Mobil

OtoFriends juga bisa membuka kap mesin, perhatikan apakah ada getaran yang tidak wajar atau tidak seirama. Apabila iya, mesin bisa dikatakan dalam keadaan “pincang”, yang bisa terjadi karena masalah pada engine mounting atau juga sistem kelistrikan yang tersendat.

Jika ada getaran yang tidak wajar pada mesin kalian bisa mengganti target mobil yang akan dibeli.

Perhatikan Indikator pada Speedometer

Saat menghidupkan mesin, perhatikan setiap lampu indikator apakah ada yang menyala. Banyak lampu indikator kondisi mesin pada dashboard seperti oli dan temperatur, pastikan tidak ada yang menyala.

Kalian bisa coba gas perlahan lalu lepas dan perhatikan turun nya jarum RPM. Pastikan jarum RPM stabil turun naik.

Selain itu, pastikan lampu indikator, layar, layar digital untuk menampilkan kamera belakang atau pemutar musik, semuanya berfungsi dengan baik.

Cek Timing Belt

Selanjutnya kalian bisa mengecek kondisi timing belt. Bagian ini merupakan sabuk yang harganya cukup mahal jika harus diganti. Atau jika tidak ada timing belt, periksa bagian timing chain. Pastikan timing belt atau timing chain dalam kondisi yang bagus dan tidak ada kerusakan.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha 1443, Polres Purwakarta Intens Blusukan Pantau Ternak Milik Warga

Cek Gas Buang pada Knalpot

Terakhir kalian dapat beralih pada bagian knalpotnya dan gas buangnya. Biasanya, mobil yang bermasalah bisa diketahui saat ada gas yang tidak wajar, ikut keluar dari knalpot.

Jika keluar asap berwarna hitam mobil tersebut terindikasi memiliki pembakaran yang tidak sempurna. Namun jika yang keluar warna putih Indikasi terdapat campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin.

Tetapi, kalau kamu melihat tetesan air pada knalpot, itu wajar saja dan tidak menandakan masalah pada mesin mobil. Sebaiknya, kamu menghindari membeli mobil bekas yang dalam kondisi knalpotnya rusak, seperti penyok atau retakan.

Nah jika kalian membutuhkan bantuan teknisi profesional dalam mengecek mesin mobil bekas, maka bisa datang ke bengkel-bengkel terdekat atau mencarinya di website Otoklix. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Otoklix yang tersedia di Appstore maupun Playstore. Melalui aplikasi booking bengkel Otoklix, Otofriends akan lebih mudah menemukan bengkel terdekat dari lokasi Otofriends berada.(*)