Panen Raya Padi Varietas Padjadjaran Seluas 25 Hektare di Desa Ciracas

PURWAKARTAUPDATE.com | Demi mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama petani terus berupaya meningkatkan produksi padi, seperti di Kecamatan Kiarapedes.

Camat Kiarapedes Diaudin mengatakan, guna menjaga ketahanan pangan pemerintah bersama petani melaksanakan panen raya di wilayah seluas 25 hektare di Desa Ciracas.

Dia menjelaskan, padi yang ditanam merupakan hasil penanaman pada Februari lalu itu merupakan varietas Padjadjaran. Varietas Padjadjaran ini memiliki umur panen lebih cepat, bisa dipanen dengan masa tanam 90 hari saja.

Baca Juga:  Target 2000 Orang, Pedagang Pasar di Purwakarta Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

“Program ini merupakan komitmen pemerintah Kabupaten Purwakarta, dalam peningkatan ketahanan pangan. Sekaligus guna mengantisipasi kelangkaan dan kekurangan stok pangan di daerah terutama beras, untuk Perbaikan Mutu Intensifikasi (PMI),” ucap Diaudin, pada Sabtu (26/6/2021).

Menurutnya, dari program percepatan tanam untuk mengantisipasi kelangkaan pangan akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT, meski dalam kondisi pandemi, para petani masih bisa melakukan cocok tanam padi pada tahun 2021 ini. Kita juga bersyukur masih terhindar dari bencana alam kemarau,” ungkap pencetus slogan Kiarapedes Mantes itu.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Bersama Anne Ratna Mustika Resmikan Gedung Creative Center Purwakarta

Menurutnya, jadi petani itu keren, menghasilkan selain untuk diri sendiri juga bisa meningkatkan ekonomi dan menjaga ketersediaan pangan.

“Saat para pejuang kesehatan serta seluruh masyarakat sedang berjuang untuk mengatasi wabah virus korona, para petani tetap bekerja demi menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para petani sebagai ujung tombak dalam mewujudkan ketahanan pangan,” pungkas Diaudin.(Gin)