Pemkab Purwakarta Terus Dorong Pelaku UMKM Untuk Inovasi Dengan Teknologi

Pemkab Purwakarta terus dorong pelaku UMKM untuk inovasi dengan teknologi. (Pemkab Purwakarta)

Purwakarta Update | Pemkab Purwakarta terus berupaya untuk mendorong para pelaku UMKM tersebut untuk berinovasi dan melek teknologi, mengingat masih cukup banyak para pelaku usaha yang masih menerapkan pola-pola pemasaran secara konvensional.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, di era digital seperti sekarang ini para pelaku UMKM diharapkan bisa lebih berinovasi. Misalnya, dengan memanfaatkan jejaring pasar online sebagai akses pemasarannya.

“Hingga 2021, di kita masih ada sedikitnya 5.670 wirausaha baru yang tergabung dalam 15 kelompok UMKM dan masih menggunakan metode pemasaran konvensional dengan basis pasar yang terbatas,” ujar Ambu Anne, disela agenda rapat Evaluasi Percepatan Peningkatan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Kementerian, Lembaga dan Pemda Tahun Anggaran 2022, Selasa 24 Mei 2022 lalu.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia

Atas dasar itu, kata Ambu Anne, di 2022 ini pihaknya akan mendorong agar para pelaku UMKM tersebut bisa lebih melek digital untuk memperluas pemasarannya. Sehingga, kedepan mereka tak lagi mengandalkan pasar konvensional saja.

Adapun upaya yang akan dilakukan jajarannya, lanjut dia, yakni dengan memberikan pelatihan digitalpreneur kepada para pelaku UMKM baru tersebut. Sementara, di 2022 ini ada 750 pelaku usaha yang akan diikutsertakan dalam program pelatihan tersebut.

“Mereka akan dilatih dan diberi beberapa pemahaman, misalnya mengenai broadcasting, bisnis e-commerce, digital content, E-learning dan bisnis afiliasi. Dengan pelatihan ini, kedepan mereka diharapkan bisa lebih memperluas jaringan pemarasan produknya,” kata Anne.

Baca Juga:  Seminar Internasional Barahmus Ungkap Keberadaan Benda Bersejarah Indonesia