Penguatan Potensi Ekonomi Pedesaan Jadi Perhatian Khusus di Masa Pandemi

PURWAKARTAUPDATE.com | Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, potensi ekonomi pedesaan akan menjadi perhatian khusus untuk melakukan penguatan ekonomi mikro di masa pandemi Covid-19.

“Sudah menjadi komitmen kami bahwa ekonomi di wilayah pedesaan harus menjadi perhatian khusus, karena itu merupakan kekuatan ekonomi mikro. Baik sektor pertanian, sektor peternakan maupun UMKM,” kata wanita yang akrab disapa Ambu Anne ini dalam siaran persnya di Purwakarta, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, pelemahan sektor ekonomi akibat dampak Covid-19 merupakan hal yang paling terasa. Kondisi ini, lanjut Ambu Anne, bisa mengganggu stabilitas sosial dan politik nasional.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika: Lebih Dari 170 Ribu Warga Kunjungi Tempat Wisata¬†di Purwakarta

“Pelemahan ekonomi tersebut salah satunya ditandai dengan terjadinya PHK, berbagai aktivitas industri terhenti dan aktivitas sektor perdagangan merosot tajam,” ucapnya.

Ambu Anne menyampaikan, pihaknya akan menggandeng sejumlah pihak untuk melakukan mitigasi-mitigasi dalam penanganan Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan.

Meski begitu, Ambu Anne menyatakan jika dicermati, di masa pandemi Covid-19 ini ternyata mampu memberikan peluang yang luar biasa untuk lahirnya potensi-potensi ekonomi baru non-konvensional.

Dia menyebut, potensi lahirnya kreator dan entrepreneur dari kalangan milenial itu terbuka lebar di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Baca Juga:  Pilkades Purwakarta Ditunda, Bupati Lantik 92 Penjabat Kades Untuk Isi Kekosongan

“Transaksi perdagangan melalui jejaring internet, itu potensinya terus berkembang pesat,” tandasnya.(Red)