Tanaman Aren Melimpah, Pemuda di Sukasari Produksi Gula Semut Berlabel Alam Desa

Susi Lestari saat menunjukkan produk Gula Semut Alam Desa. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTAUPDATE.com | Para pemuda di Desa Parungbanteng membuat olahan nira lain yang bernilai lebih tinggi, yakni gula semut dan di beri lebel Alam Desa gula semut khas Kampung Cibodas, Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari.

Tanaman aren yang menjadi bahan pembuatan gula merah masih banyak ditemukan di Kampung Cibodas, Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.


Selama ini, warga di wilayah Desa Parungbanteng Purwakarta tersebut memanfaatkan nira aren untuk diolah menjadi gula merah yang dicetak menggunakan bambu ataupun batok kelapa.

Baca Juga:  Video: Pemuda di Desa Parungbanteng Purwakarta Produksi Gula Aren Kreasi Baru

Menurut Susi Lestari, salah satu pemudi di Desa Parungbanteng, hal tersebut membuat para pemuda mulai berinovasi membuat produk turunan Aren yang lebih modern, menarik, dan mampu diserap pasar zaman now selain pasar tradisional.

“Hasil inovasi dan motivasi dari Patriot Desa Parungbanteng. Inovasi ini dilakukan agar gula aren mempunyai nilai jual yang lebih tinggi sehingga bisa meningkatkan taraf hidup para petani aren di Desa Parungbanteng,” ucap Susi, pada Senin (27/9/2021).