Zero Penyakit Ternak, Pemkab Purwakarta Membuka Kembali Pasar Hewan Ciwareng

Pemantauan hewan ternak di pasar hewan Ciwareng, Purwakarta. (Jabarnews)

Purwakarta Update | Menjelang datangnya hari raya Idul Adha 1443 hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta membuka kembali Pasar Hewan Ciwareng. Mengingat tidak ada hewan ternak yang terkonfirmasi (zero) penyakit mulut dan kuku (PMK).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, keputusan kembali dibukanya Pasar Hewan Ciwareng karena tidak adanya kasus PMK. Ditambah lagi, sebanyak 21 sapi yang sebelumnya terkonfirmasi PMK saat ini kondisinya sudah sembuh.

Menurutnya, nihilnya kasus PMK menjadi pertimbangan dibukanya Pasar Hewan Ciwareng. Tak hanya itu, dibukanya kembali pasar hewan dengan acara pelapasan Petugas Pemeriksa Hewan Kurban Tahun 2022.

Baca Juga:  Pasar Hewan Ciwareng Dibuka, Bupati Purwakarta Lepas Petugas Pemeriksa Hewan Kurban

“Kegiatan ini dalam rangka menghadapi persiapan Idul Adha 1443 Hijriah dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan hewan kurban terbaik yang telah diperiksa kesehatannya oleh petugas terkait,” ujarnya, Senin (13/6/2022).

Ambu Anne sapaan akrabnya menerangkan, untuk keperluan Hari Raya Kurban nanti, masyarakat harus terjamin dan mendapatkan hewan kurban yang sehat untuk mendukung asupan protein masyarakat Kabupaten Purwakarta.