Syaiful Huda: Darurat Pendidikan, PJJ Jadi Ancaman Terjadinya Learning Loss

PURWAKARTAUPDATE.com | PURWAKARTA – Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyebut PJJ ini sebagai ancaman terjadinya learning loss, kondisi ini pun diibaratkan sebagai darurat pendidikan.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, sistem pendidikan di Indonesia berubah. Saat ini aktivitas belajar-mengajar, yakni pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring.


Huda mengungkapkan, hanya ada satu opsi terbaik untuk mengakhiri kondisi tersebut, yakni pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Dalam rangka menyudahi darurat pendidikan yang mengalami pendalaman persoalan kualitas dan kuantitas ini dengan berbagai pertimbangan yang serba sulit, PTM terbatas menjadi opsi yang kira-kira paling baik di hari ini,” tutur Huda, saat menghadiri acara Workshop Pendidikan, di Aula Hotel Harper Purwakarta, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga:  Mbah Djuju, Puluhan Tahun Menjadi Perpustakaan Keliling di Purwakarta

Menurutnya, akselerasi PTM pun harus dilakukan segera agar bisa meminimalisir dampak learning loss tersebut. Akan tetapi, perlu juga dilaksanakan dengan kehati-hatian yang tinggi.

Maka dari itu, Huda meminta pemerintah daerah segera membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sebagai bentuk adaptasi baru di tengah masa pandemi Covid-19.