Antisipasi Cakades Depresi, RSUD Purwakarta Siapkan Klinik Kedokteran Jiwa

RSUD Bayu Asih Purwakarta. (Jabarnews)

Namun, sambung dia, berdasarkan pengalaman Pilkades sebelumnya, rumah sakit plat merah belum pernah merawat cakades yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kegagalan dalam pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

“Sejauh ini, kami belum pernah merawat pasien depresi akibat gagal dalam Pilkades,” tutur Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan, waktu pencoblosan Pilkades serentak akan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Baca Juga:  Inilah 170 Kades Terpilih Dalam Pilkades Serentak Purwakarta Tahun 2021

Jaya menjelaskan, sebanyak 573 Cakades di Purwakarta akan bertarung memperebutkan suara rakyat dalam Pilkades yang digelar secara serentak pada 170 desa di 17 kecamatan.

Dengan DPT sebanyak 545.318 hak pilih, para panitia Pilkades Serentak di Purwakarta telah mempersiapkan TPS sebanyak 1.172 titik.

“Dengan TPS sebanyak itu kami telah mempersiapkan panitia sebanyak 850 orang dan 9.376 orang yang masuk dalam kelompok penyelenggara pemungutan suara. Lalu ada juga pengawas Pilkades sebanyak 510 orang,” ucap Jaya Pranolo.(Gin)***