Antisipasi Cakades Depresi, RSUD Purwakarta Siapkan Klinik Kedokteran Jiwa

RSUD Bayu Asih Purwakarta. (Jabarnews)

Purwakarta Update | Untuk mengantisipasi calon kepala desa (cakades) yang depresi karena gagal menang, RSUD Bayu Asih Purwakarta telah menyiapkan klinik kedokteran jiwa dengan dua orang dokter ahli kesehatan jiwa (Psikiater).

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dilaksanakan serentak pada Sabtu, 16 Oktober 2021 besok.


Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, Agung Darwis Suriaatmadja mengatakan, pihaknya belum menyiapkan ruang rawat inap khusus untuk pasien depresi.

“Namun demikian, klinik kesehatan jiwa dengan dua psikiater sudah kita siapkan untuk penanganan pasien depresi,” kata Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, melalui sambungan selulernya, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga:  Imbas PPKM Darurat, Pelaksanaan Pilkades Serentak di Purwakarta Diundur?

Untuk menghindari depresi pasca-pilkades, Agung menyarankan untuk fokus pada pengendalian diri, tidur yang cukup, dan makan teratur serta siap menerima kegagalan.

“Harus selalu dikondisikan agar mereka yang mengalami kegagalan tersebut tidak mengalami stress yang berkelanjutan sehingga fisik dan jiwanya tetap sehat seusai pemilihan,” ucapnya.