Oknum ASN Kedapatan Ikut Jadi Timses Pilkades di Purwakarta

PURWAKARTAUPDATE.com | Dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purwakarta diduga menjadi Tim Sukses (timses) salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) di Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Menurut Salah satu tokoh masyarakat di Desa Sukamukti, Angki Sopandi, dua oknum ASN yang menjabat sebagai Guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukamukti itu secara terang-terangan mendukung salah satu Cakades di Desa tersebut.

“Saat waktu pendaftaran calon, dua ASN tersebut ikut bersama calon yang mereka dukung mendaftar ke panitia Pilkades di Desa Sukamukti bersama tim sukses yang lainnya. Malahan mereka paling depan,” ucap Angki saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Minggu (30/6/2021).

Baca Juga:  Bawaslu Purwakarta Sebut Pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat Bakal Dicoret

Adanya keterlibatan dua oknum ASN tersebut, kata dia, pihaknya sangat menyayangkan, pasalnya mereka merupakan abdi negara dan abdi masyarakat, seharusnya tak melakukan tindakan itu.

“Kami menyayangkan ASN ikut-ikutan menjadi timses salah satu calon kades, karena hal tersebut bisa memperkeruh dan memancing kegaduhan warga masyarakat Desa Sukamukti,” sesal pria yang juga menjabat Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis itu.

Padahal, sambung Angki, sudah dijelaskan berdasarkan Pasal 2  huruf F UU nomor 5 tahun 2014 Bahwa setiap ASN tidak berhak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepentingan siapapun.

Baca Juga:  Buntut Pernyataan Kontroversial Gus Yaqut, Anwar Abbas Minta Kemenag Dibubarkan

“Kan udah ada aturannya dan pasti ada sanksinya. Untuk hukuman disiplin tingkat berat yaitu penurunan pangkat setingkat paling rendah atau pemberhentian dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS,” jelasnya.

Ia menekankan, menjadi Timses salah satu calon Pilkades secara langsung memperlihatkan sikap politik praktis dan jadi tim sukses itu bukan ranah ASN.

“Ada etika birokrasi dan etika perilaku. Kami berharap agar ASN di Desa Sukamukti bersikap Netral dalam menyukseskan Pilkades serentak  yang Akan dilaksanakan pada 25 Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga:  52 Calon Kades di Kecamatan Darangdan Lolos ke Pilkades Purwakarta

“Dan kami akan berkoordinasi dengan panitia Pilkades dan BPD untuk melaporkan kepada pihak Dinas terkait jika ASN tersebut terus menerus¬† Menjadi Tim Sukses salah satu calon Kades. Hal itu, demi keamanan, kelancaran dan ketentraman warga dalam melaksanakan dan menyukseskan Pilkades 2021 di Desa Sukamukti,” pungkasnya.(Gin)

Selengkapnya, klik: www.jabarnews.com