PKS Mantapkan Program Kerja dan Siap Berkolaborasi Dengan Semua Elemen

PURWAKARTAUPDATE.com | Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Purwakarta, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Bertempat di Hotel Harper Jl. Raya Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. Minggu (30/5/2021).

Rakerda dihadiri oleh Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika sekaligus menjadi pembuka acara Rakerda. Dihadiri juga Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Purwakarta, Ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Se-Kabupaten Purwakarta.

Ketua DPD PKS Purwakarta HM. Arief Kurniawan Menjelaskan, Melalui Rakerda ini kita akan memantapkan program kerja DPD PKS sebagai turunan dari Visi Misi Partai dan amanah Musyawarah Daerah ( Musda).

Menurutnya, rapat kerja merupakan sebuah siklus proses dari mulai Musda yang dulu pernah dilaksanakan PKS. Di mana Rakerda juga akan dilaksanakan untuk menindaklanjuti keputusan-keputusan Musda. Dalam Musda PKS ada rekomendasi dan turunan-turunan keputusan partai yang harus lebih didetailkan melalui rakerda.

“Detailnya sudah dalam tataran pembagian tugas per bidang. Dimana Program PKS semuanya berhubungan dengan berkhidmat kepada masyarakat, maka turunannya pun kebanyakan berkhidmat kepada masyarakat. Jadi dalam rakerda ini sudah pada tahapan bagaimana menjalankan (implementasi perbidang),” Ujarnya.

Baca Juga:  Hasil Pertemuan Gubernur Jabar Dengan Tokoh Sunda Terkait Berdirinya Provinsi Sunda?

Sambung Arif, Rakerda tidak sampai disini saja, hari ini hanya pengesahan. Untuk kedepan nanti ada komandannya yaitu Patria Riza dari sekertaris umum.

Menurutnya, seperti dikatakan contoh Rakerda jelas yang sudah di sampaikan DPW Jabar dari musda sampai hari ini tidak berubah. Program turunan rakerda ini ujungnya adalah kemenangan dalam pileg dan pilkada.

Selain itu PKS memiliki program ketahan pangan yang sudah di bagi beberapa bidang dari mulai bidang petani, nelayan, peternakan hingga pemasaran secara online. Turunan dari DPP di level PKS bisa mengkolaborasikan tokoh-tokoh desa, kader-kader desa untuk membuat satu percontohan ketahanan pangan agar bisa bertahan meski dalam kritis perekonomian.

“Kader PKS ini mau kritis kaya apa pun masih bisa makan. Kenapa ? karena di rumahnya itu menanam segala jenis sayuran hingga budidaya ikan. Jadi kita tidak beli karena pemberdayaan itu tadi,” jelasnya.

Program seperti ini yang mesti di sebarkan tidak mesti dilingkungan PKS saja tetapi untuk siapapun silahkan mau perangkat desa dan siapa yang mau ayo kita lakukan pelatihan. Kita siapkan dari mulai benih, pupuk dll gratis. Untuk pemasarannyapun jangan kuatir PKS punya pemasaran secara online.

Baca Juga:  Ratusan Kades Purwakarta Demonstrasi Tolak Perpres Tentang Penggunaan Dana Desa

“Alhamdulillah PKS tidak merepotkan kepada pemerintah daerah dari segi anggaran. Bila kami memiliki program pemberdayaan pasti dengan cara mandiri gotong royong (patungan). Disini kita tidak ingin membebani bupati. Maka dari itu bupati senang kepada PKS,” ucapnya.

Tambahnya, PKS berharap dengan tidak membebani tapi ingin dicontoh cara programnya. Harapannya sendiri kepada bupati agar mendengar, melihat dan mersakan aura kinerja dari PKS ini, sehingga setidaknya program ini bisa di copy paste untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Purwakarta, terangnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika mengatakan, esensi dari rapat kerja adalah menyamakan persepsi dan arah kebijakan sebagai bahan evaluasi, perumusan masalah kebijakan, serta untuk memperkuat motivasi.

“Rakerda PKS ini menjadi wahana strategis untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, selama setahun berjalan. Program kerja yang akan dilaksanakan harus mengakomodir aspirasi dari bawah, mengingat para kader ditingkat bawah lebih memahami kondisi dan potensi daerahnya,” kata Ambu Anne.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Diperpanjang, Apakah Pilkades Purwakarta Bakal Diundur?

Oleh karena itu, diharapkan Rakerda ini dapat diciptakan dalam suasana demokratis, menghargai partisipasi dan dapat mengakomodasi semua pandangan yang berkembang.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta pada tahun 2021 melalui Kantor Kesbangpol terus memberikan perhatian kepada Partai Politik dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) partai politik, pendidikan politik bagi pemilih pemula, peningkatan pemahaman bagi pengurus partai politik yang menerima bantuan keuangan. Bantuan keuangan kepada partai politik dan monitoring evaluasi (monev) bantuan keuangan bagi partai politik yang duduk di kursi DPRD.

“Pemerintah daerah mendorong program kerja yang sedang dikerjakan dan yang akan disahkan pada Rakerda ini, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk melayani masyarakat,” tuturnya.

Bupati Purwakarta juga memberikan apresiasi kepada DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Purwakarta atas Penyelenggaraan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bagi pengurus, pengelola dan anggota PKS, diharapkan kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.