Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Motor Agar Tidak Keras

PURWAKARTAUPDATE.com | Ada cukup banyak faktor bisa membuat tuas kopling motor keras dan berat saat ditarik untuk oper gigi.

Bisanya penyebab setiap tipe dan juga jenis motor pun akan berbeda-beda. Hal tersebut tentu saja karena faktor yang menjadikan penyebab tersebut muncul pun berbeda.

Maka dari itu berikut beberapa penyebab kopling motor keras yakni:

Pertama. Kabel Kopling Tertekuk – Sampai saat ini hampir kebanyakan produsen motor masih mengandalkan sistem mekanis dengan memanfaatkan kabel kawat sebagai penghubung tuas kopling dengan kopling dalam pergerakannya.

Baca Juga:  YMPLK Distribusikan 500 Paket Sembako Kepada Masyarakat Purwakarta

Hal ini karena penggunaan sistem mekanis dianggap lebih maksimal. Dalam pemakaiannya, kabel kawat digunakan untuk menghantarkan gaya tarik dari tuas kopling ke kopling motor terdiri dari dua bagian utama.

Kedua. Kabel Kopling Berkarat – Kondisi kawat tersebut berkarat, bukan tidak mungkin akan membuat tuas kopling motor keras saat ditarik.

Hal tersebut karena tumpukan karat yang ada akan menghambat pergerakan kawat di dalam rumah atau selongsongnya.

Ketiga. Pegas Kopling Tidak Pas – Saat penggantian pegas kopling yang tidak tepat justru bukan akan membuat akselerasi lebih mantap.

Baca Juga:  Kalemdiklat Polri Kunjungi Purwakarta Untuk Monitoring Capaian Vaksinasi Nasional

Untuk itu, buat kalian yang hobi melakukan modifikasi motor, pastikan untuk tidak melakukan perubahan pada bagian pegas kopling.(Red)