Peran Dasawisma Sangat Penting Sebagai Garda Terdepan dari Tim Penggerak PKK

PURWAKARTAUPDATE.com | Peran dari dasawisma sangat sentral dan penting serta merupakan garda terdepan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di dalam mengaplikasikan atau menerapkan 10 program PKK.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris TP PKK Kabupaten Purwakarta, Rochmawati, usai mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat, di Aula Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (15/9/2021).

“Hari ini TP PKK Kabupaten Purwakarta mengikuti rakor tingkat Provinsi Jawa Barat, dengan tema Kita Wujudkan Keluarga Sehat Sejahtera Menuju Jawa Barat Juara,” ucap Rochmawati.

Baca Juga:  Begini Cara Merubah Motor Injeksi Ke Karbu, Simak!

Untuk tahun 2021 ini, kata dia, sasaran program prioritas PKK Kabupaten Purwakarta selain untuk kegiatan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 juga fokus pada penanganan stunting, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) termasuk Posyandu di seluruh desa dan kelurahan.

“Kedepan kita bakal lakukan upaya peningkatan kapasitas Dasawisma agar lebih mampu dalam pengelolaan suatu kegiatan pemberdayaan keluarga atau ketahanan keluarga termasuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 serta penanganan stunting,” imbuhnya.

Baca Juga:  Antisipasi Wabah DBD, Babinkamtibmas Sindangkasih Bantu Petugas Lakukan Fogging

Dijelaskan Rochmawati, pembinaan Dasawisma ini merupakan anjuran dari PKK Pusat dan PKK Provinsi Jawa Barat tersebut diharapkan mampu memberdayakan kelompok PKK hingga ke kelompok terkecil (Dasawisma) dengan harapan melahirkan generasi yang kuat.