Sertijab Komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Berlangsung Khidmat

PURWAKARTAUPDATE.com | Pucuk pimpinan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad resmi berganti. Sebelumnya, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dikomandoi Letkol Arm Andi Achmad Afandi kemudian diserahterimakan kepada Letkol Arm Bani Kelana Sepang.

Prosesi serah terima jabatan komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad yang berlangsung khidmat di di Lapangan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Jalan Raya Sadang-Subang, Kelurahan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (30/6/2021).

Prosesi Sertijab yang pimpin oleh Komandan Resimen Armed 1/1 Stira Yudha Kostrad, Kolonel Arm Untoro Harianto itu, dihadiri Wakil Bupati Purwakarta, H.Aming, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan, Wakapolres Purwakarta, Kompol Satrio Prayogo, dan Ketua MUI Kabupaten Purwakarta, KH Jhon Dien.

Selain itu, acara yang berlangsung sederhana itu, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat, juga dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Gelar LTPT Tingkat Baterai di Kawasan BIC Purwakarta

Danmenarmed 1/1 Stira Yudha Kostrad, Kolonel Arm Untoro Harianto mengatakan, proses alih tugas dan jabatan merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan organisasi TNI Angkatan Darat (AD) sebagai bagian dari sistem pembinaan personel dalam rangka pengembangan kemampuan manajemen dan kepemimpinan.

“Selain itu, hal ini juga sebagai penyegaran tugas bagi personil yang bersangkutan. Sehingga diharapkan kinerja organisasi selalu dapat terpelihara dengan baik,” tutur Untoro, saat ditemui usai kegiatan tersebut.

Danmen Armed 1/1 Kostrad berpesan, keberadaan seorang figur Komandan dalam Batalyon menempati posisi sentral dalam menjalankan fungsi, tugas dan peran kepemimpinan selaku pembina dan komandan, bapak serta guru bagi anggotanya.

“Komandan tidak hanya dominan memerintah atau memberikan instruksi, tapi harus mampu menyelami kondisi kejiwaan dan aspirasi yang diinginkan anak buah, memelihara dan meningkatkan pengetahuan dengan bimbingan dan pelatihan serta menjadi teladan dalam sikap dan perilaku sehari-hari,” ucap Untoro.

Baca Juga:  Komsos Kreatif, Batalyon Armed 9 Pasopati Gelar Diklat Kepemimpinan Pelajar

Selain itu, kata dia, berkenaan dengan serah terima jabatan ini selaku Danmen Armed 2/SY/1 Kostrad dan pribadi, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Arm Andi Achmad Afandi atas dedikasi dan pengabdian serta kerja kerasnya selama menjabat sebagai komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad.

Selain itu, sambung dia, dirinya juga mengucapkan selamat kepada Letkol Arm Bani Kelana Sepang, atas pengangkatannya sebagai komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad.

“Selamat bertugas di tempat yang baru untuk Letkol Arm Andi Achmad Afandi, terimakasih untuk pengambilannya selama ini,” ucap Untoro.

Untuk Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad yang Baru, Danmen mengingatkan, bahwa jabatan komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Kostrad yang Letkol Arm Bani Kelana Sepang merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan.

Baca Juga:  Kiat Mengatasi Gangguan Kecemasan Berlebih Dengan 3 Cara Ini

Untoro mengaku, yakin dan percaya dengan bekal pengetahuan dan pengalaman jabatan sebelumnya, maka Letkol Arm Bani Kelana Sepang akan mampu mengemban amanah tersebut, untuk membawa perubahan dan prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Untuk Danyon yang baru, ini kan sudah masuk pertengahan tahun jadi harus tancap gas. Segera adaptasi lingkungan yang selama ini sudah bagus yang dibuat pejabat lama, Letkol Arm Andi Achmad Afandi. Pejabat baru harus lebih bagus lagi karena dengan pengalaman jabatan sebelumnya, jadi lebih dewasa dan lebih matang dalam memimpin prajurit. Sehingga dalam mengemban tugas-tugasnya mampu memberikan karya mengabdi terbaik,” pungkasnya.(Gin)