Pasca Pandemi Covid-19, Pokdarwis Komitmen Bangkitkan Kembali Pariwisata di Purwakarta

Ketua Forum komunikasi (Pokdarwis) Purwakarta, Mochamad Aripin. (Jabarnews)

Purwakarta Update | Ketua Forum komunikasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Purwakarta, Mochamad Aripin mengungkapkan, dampak dari pandemi Covid-19 untuk pariwisata dan ekonomi kreatif sangat dahsyat, karena hal itu Pokdarwis komitmen bangkitkan kembali pariwisata di Purwakarta.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Kepariwisataan tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2022 di objek wisata Porlak Jahe Giri Tirta Kahuripan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (7/7/2022).

“Sebagian besar sektor penunjang ekonomi terkena dampak dari pandemi ini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor penunjang ekonomi yang mengalami dampak yang signifikan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Cegah Lonjakan Covid-19, Tempat Wisata di Jabar Diimbau Terus Tingkatkan Pengawasan

Untuk itu, kata pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, kelembagaan di tingkat atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menjadi langkah efektif untuk meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ia mengungkapkan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mendukung pemulihan ekonomi. Langkah ini salah satunya melalui pemanfaatan sektor pariwisata dan industri kreatif.

“Aspek pariwisata ternyata juga sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Karena sektor pariwisata tidak harus dilihat dalam perspektif internasional saja. Pengembangan pariwisata dapat dimulai dari wisata lokal, yakni pariwisata berskala desa yang bisa dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat,” ujar Kang Ipin.

Baca Juga:  Wagub Jabar Minta Masyarakat Pedesaan Memahami Potensi Wisata di Daerahnya