Program Sungai Bersih, Pemdes Cibeber Gotong Royong Bersihkan Sungai Ciseke

PURWAKARTAUPDATE.com | PURWAKARTA – Menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan adalah kewajiban yang melekat pada diri setiap orang, hal ini bisa diwujudkan dengan pola hidup bersih digalakkan warga di Lingkungan Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Salah satunya dengan menjaga mata air agar terus bisa dimanfaatkan oleh setiap warga masyarakat melalui program sungai bersih dengan cara menanam bambu.


Seperti dilakukan Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Cibeber, Wajmudin Anwar, bersama Babinsa dan Babinkamtibmas serta seluruh unsur masyarakat dengan melakukan gotong royong membersihkan Sungai Ciseke.

Baca Juga:  Terpapar Covid-19, Kampung Kawasan Wisata Ujung Aspal Purwakarta di Lockdown

Wajmudin Anwar menyebut, membersihkan sungai Ciseke ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menjaga ekosistem sungai dari pencemaran lingkungan salah satunya dengan cara menanam bambu di sekitar sungai agar debit mata air bisa tetap terjaga.

“Melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat sehingga ketika ada yang merusak lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab setiap warga masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Anwar pada Minggu (12/9/2021).