EkraP dan Kompas Purwakarta Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif Kerajinan Eceng Gondok

Pelatihan pemanfaatan Eceng Gondok di Desa Sukasari, Purwakarta. (Jabarnews)

Purwakarta Update | Komunitas Pencinta Alam Sukasari (Kompas) bersama Eceng Kreasi Purwakarta (EkraP) menggelar pelatihan pemanfaatan Eceng Gondok menjadi produk kerajinan berbasis ekonomi kreatif di Kampung Tanjung Putri, Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Pembina Kompas, Mochamad Aripin mengatakan, diadakan pelatihan tersebut yakni memberdayakan usaha mikro yang kreatif dan berwawasan luas dan memanfaatkan bahan baku eceng gondok yang melimpah menjadi kerajinan yang bernilai

“Serta bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia usaha mikro,meningkatkan pengetahuan peserta tentang pemanfaatan Enceng Gondok,menemukan motivasi baru sehingga mampu menambah wawasan usaha bersama,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, pada Selasa (12/4/2022).

Baca Juga:  Warung Sumur Bandrek Surabi Nyumput, Tempat Recommended Para Penikmat Kuliner

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini masyarakat bisa kreatif khususnya peserta pelatihan bisa memanfaatkan enceng gondok yang ada di Waduk Jatiluhur dengan dibuat kerajinan sehingga bisa mendatangkan rejeki.

“Enceng Gondok jika diolah sedemikian rupa dapat membawa berkah tersendiri dengan bentuk seni anyaman yang variatif dan bernilai tinggi. Selain bisa menghasilkan uang sekaligus bisa membersihkan Waduk Jatiluhur dari enceng gondok sehingga aliran sungai bisa lancar dan bersih serta tercipta lingkungan yang sehat,” ucap Kang Ipin.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika: Alhamdulillah, Perbaikan Kebocoran Pipa PDAM Selesai Dikerjakan