Pakai Kick Starter Memang Merepotkan, Tapi Ternyata Banyak Manfaatnya

PURWAKARTAUPDATE.com | Kick starter merupakan salah satu bagian penting dari motor yang membantu untuk menyalakan kendaraan tersebut. Kompojen ini lebih dikenal sebagai starter manual dan masih disematkan di beberapa sepeda motor agar tidak selalu menggunakan cara menghidupkan berbasis elektrik.

Ada beberapa manfaat yang akan kalian peroleh dengan adanya kick starter, selain untuk menghidupkan motor secara manual. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat menggunakan kick starter.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat jika sering menggunakan kick starter yakni:

Pertama. Menjaga Electric Starter Agar Tidak Mudah Rusak – Manfaat pertama menggunakan engkol manual ini adalah untuk menjaga electric starter agar tidak mudah rusak.

Baca Juga:  Sistem Resi Gudang di Purwakarta Bisa Mencapai Rp287 Juta

Penggunaan electric starter secara terus menerus tidak baik untuk keberlanjutan komponen tersebut, sehingga sesekali perlu menggunakan engkol manual. Engkol manual ini bisa digunakan sewaktu-waktu saat starter electric mengalami kemacetan akibat adanya kerusakan tertentu.

Di samping itu, kalian juga bisa menggunakan engkol ini di pagi hari saat mesin sepeda motor masih dalam kondisi dingin dan belum dinyalakan dengan starter electric.

Kedua. Membuat Aki Lebih Irit – Starter manual ini ternyata juga membantu membuat aki menjadi lebih irit, sehingga harus digunakan secara rutin. Menghidupkan motor dengan cara manual dapat menghemat aliran listrik, sehingga akan membuat aki lebih irit dan tidak cepat soak.

Baca Juga:  Perhatian Kepada UMKM Kunci Bangkitkan Kembali Perekonomian di Masa Pandemi

Dengan menggunakan engkol manual untuk menghidupkan motor di pagi hari, akan bisa mencegah adanya masalah kelistrikan pada kendaraan. Di samping itu, cara menghidupkan motor manual ini juga akan membantu kalian untuk memperpanjang usia aki.

Ketiga. Membuat Sirkulasi Oli Lebih Lancar – Manfaat berikutnya dari menggunakan starter manual adalah membuat sirkulasi oli pada komponen lain lebih lancar. Hal ini karena tenaga yang kalian keluarkan saat menginjak komponen ini besar, sehingga memberikan tekanan tersendiri dan membuat sirkulasi oli lebih lancar.

Baca Juga:  Masuk Peringkat Nasional, Purwakarta Jadi Salah Satu Andalan Investasi di Jabar

Oli yang mengalir dengan lancar ini akan membuat komponen lain terlumasi, sehingga kinerjanya juga optimal. Hal ini juga akan membuat mesin menjadi tidak berisik saat dinyalakan karena sirkulasi olinya lancar. Oleh sebab itu, starter manual ini lebih baik sering digunakan untuk menyalakan motor.(Red)