Lapas Kelas IIB Purwakarta Gelar “Kumham Peduli, Kumham Berbagi” Bantuan Sembako

PURWAKARTAUPDATE.com | Wujud kepedulian terhadap masyarakat di tengah masa sulit Pandemi Covid-19 saat ini, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serentak menggelar program bertajuk ‘Kumham Peduli, Kumham Berbagi’ melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta salurkan bantuan sembako, pada Kamis (29/7/2021).

Kegiatan sendiri juga dilakukan secara virtual, dan dihadiri oleh 33 Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, yang sekaligus dilibatkan untuk penyaluran bantuan dari program ini.


Penyerahan bantuan paket sembako dari program ‘Kumham Peduli, Kumham Berbagi’ di Kabupaten Purwakarta ini, dilakukan oleh Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta yakni Sopiana kepada masyarakat yang terdampak dari Pandemi Covid 19 didampingi oleh Kasi Binapigiatja, Asep Saripudin, Kasubsie Bimbingan Kerja, Herny Agustin dan Perwakilan dari Ikatan Notaris Indonesia cabang Purwakarta.

Baca Juga:  Purwakarta Jadi Level 2, PPKM Berlanjut Lagi Hingga 13 September 2021

Setidaknya ada sekitar 20 warga yang berada di sekitar lapas yang berada di jalan Mr Dr Kusumaatmadja, Kabupaten Purwakarta itu menerima bantuan ini.

Kalapas Purwakarta, Sopiana menjelaskan, menyampaikan bahwa dasar dari kegiatan yang digelar ini menindaklanjuti arahan Bapak Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM tentang kegiatan sosial Kumham Peduli, Kumham Berbagi dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Saya berharap kepada masyarakat sekitar Lapas agar dapat memanfaatkan bantuan dari jajaran lapas Klas IIB Purwakarta. Bantuan yang diberikan berupa beras, minyak, gula serta kebutuhan rumah tangga lainnya yang dianggap mampu meringankan kehidupan masyarakat sekitar Lapas yang terdampak covid-19,” tutur Sopiana, pada Kamis (29/7/2021).

Baca Juga:  IWO Purwakarta Laporkan RSIA ke Kementerian LHK

Menurutnya, peran Lapas Kelas IIB Purwakarta sangat diperlukan di masa Pandemi Covid-19 dikarenakan banyaknya masyarakat sekitar yang terdampak dan pendapatan masyarakat sekitar juga berkurang drastis terutama bagi mereka yang bekerja di sektor informal dan mengandalkan pendapatan harian.

“Melalui kegiatan KumHAM Berbagi diharapkan dapat Meringankan beban masyarakat sekitar yang terdampak Pandemi Covid-19,” ucap Sopiana.

Kegiatan Kumham Peduli, Kumham Berbagi yang digelar tersebut disambut baik oleh masyarakat sekitar Lapas Kelas IIB Purwakarta dengan penuh rasa antusias.(Gin)