Video: Wisata Sentra Keramik Desa Anjun Plered Purwakarta yang Melegenda

PURWAKARTAUPDATE.com | Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kab. purwakarta sentra pembuatan keramik yang melegenda. Sejak lama objek wisata Sentra Keramik desa Anjun Plered di Purwakarta telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sentra kerajinan keramik yang memiliki daya tarik dari sisi keindahan sangat menarik untuk dikunjungi.

Untuk memperoleh hasil terbaik, pembuatan keramik harus melalui beberapa proses tahapan.
proses berawal dari pengambilan bahan baku yakni tanah liat, tanah liat di ambil dari sawah, lalu di angkut ketempat pengolahan, di tempat pengolahan si tanah liat dimasukan ke mesin pengaduk lalu tanah liat di aduk hingga homogen dan siap di bentuk.

Kemudian tahap selanjutnya adalah pembentukan, homogen tanah liat tadi di bentuk dengan teknik pembentukan diatas meja putar, teknik pembentukan keramik yang paling mendasar adalah teknik putar, teknik ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi perajin perlu melatih jari jari mereka agar terbentuk feeling dalam membentuk keramik.

Baca Juga:  Video: Dibuat Takjub Oleh Keindahan dan Keasrian Desa Cipeuteuy Tasikmalaya

Melalui teknik ini dibentuk beragam gerabah atau keramik tradisional seperti piring, mangkuk, vas bunga dan lainnya, kemudian keramik didekorasi seperti ditempel atau di ukir, setelah itu keramik di angin anginkan sekitar 2 sampai 3 hari.

Lalu tahap selanjut nya adalah tahap pembakaran pembakaran di lakukan dalam suhu tinggi berkisar 700 hingga 1000 derajat celsius. Kemudian proses terakhir adalah finishing
dalam sentuhan akhir ini, gerabah di warnai dengan teknik khusus untuk menambah keindahannya.

Baca Juga:  Video: Atlit Cabor Dayung Asal Purwakarta Sumbang Emas PON XX Papua 2021

Karena proses dan tahapan yang panjang itu, menghasilkan produk keramik yang baik dan juga indah. Maka tak heran selain diminati di dalam negri, keramik desa Anjun Plered ini juga di minati di pasar Internasional seperti China, Korea, Arab Saudi, Amerika hingga Inggris Raya dan juga negara2 lainnya.

Pembuatan keramik Plered ini telah berlangsung secara turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak tahun 1904-an.

Pada awalnya, masyarakat sekitar membuat keramik dari tanah liat merah dan termasuk gerabah untuk memenuhi perkakas rumah tangga.

Baca Juga:  Video: Banjir Melanda Dua Kabupaten di Sumut, Ribuan Warga Terdampak

Dengan mengandalkan keunggulan dari sisi desain dan warna yang menarik pada pekembangan nya kerajinan keramik ini mampu menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat sekitarnya.(red)

Selengkapnya, klik: https://www.youtube.com/c/JabarNews/videos