Bupati Purwakarta: Kasus Covid-19 Menurun, Masyarakat Jangan Kendor Prokes

PURWAKARTAUPDATE.com | Kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta cenderung terus menurun. Hanya saja wilayah Kabupaten Purwakarta dinyatakan masih berstatus zona orange, sehingga masih harus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, secara umum kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta mengalami penuruan. Sedangkan pasien sembuh terus meningkat dan kasus kematian juga menurun.

“Alhamdulillah, secara umum kondisinya mulai membaik, tapi berdasarkan Inmendagri kita harus tetap melakukan perpanjangan PPKM level 3 hingga akhir Agustus nanti,” ucap Anne, saat ditemui usai memimpin Pelantikan Pejabat Kepala Desa, di Bele Janaka, Kompleks Kantor Pemkab Purwakarta, pada Jumat (27/8/2021).

Baca Juga:  Dari Puluhan Mal Pelayanan Publik di Jawa Barat, Siapakah yang Raih Predikat Terbaik?

Dihimpun dari data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Anne mengklaim, tren positif Covid-19 mulai menurun, Konfirmasi positif Covid-19 saat ini kurang lebih dibawah 150 orang, dengan angka kesembuhan terus naik.

“Untuk Bed Occupancy Rate (BOR) kita kini sudah 21%, artinya sudah turun terus dan mudah-mudahan kurvanya akan turun juga,” ucap Ambu Anne sapaan akrab Bupati Purwakarta.

Ia menambahkan meskipun hal ini membuktikan adanya progres untuk menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta, pihaknya akan terus memaksimalkan tracking.

“Kita sangat senang dengan kondisi Kabupaten Purwakarta yang terus membaik dan mudah-mudahan itu bisa dipertahankan. Tetapi walaupun begitu menjadi PR bersama karena bisa jadi proses tracking belum maksimal, padahal Pemkab Purwakarta sudah menggratiskan PCR di Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta,” ucap Ambu Anne.

Baca Juga:  Unik! Shalat Idul Fitri di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Dijaga Alutsista Canggih

Karena itu, ujar Anne, masyarakat diimbau yang merasa ada gejala Covid-19 ataupun pernah kontak erat segera tes PCR di Labkesda Purwakarta.

“Tes PCR gratis di labkesda ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Purwakarta. Dengan tracing semakin massif, kasus Covid-19 bisa diketahui dan cepat tertangani. Selain itu kita juga terus lakukan pemantauan penerapan Protokol Kesehatan di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Purwakarta,” ucapnya.

Di saat situasi Kabupaten Purwakarta yang mulai membaik, Ambu Anne juga mengajak agar masyarakat tidak lengah, dan terus mematuhi protokol kesehatan hingga kondisi wilayah benar-benar sehat kembali.

Baca Juga:  DPRD Purwakarta Kecewa Kuota CPNS Formasi PPPK Guru 2021 Hanya 49 Orang

“Ayo terus semangat untuk bersama-sama menjaga kesehatan, waspada penularan masih terjadi di sekitar kita. Protokol Kesehatan 5 M harus terus dilakukan. Semoga besok akan lebih baik. Sehingga Kabupaten Purwakarta bisa berada di zona hijau penyebaran Covid-19. Amin,” ucap Ambu Anne.(Gin)