HUT RI ke-76 Disporaparbud Tetap Kobarkan Semangat Juang Tangani Pandemi

PURWAKARTAUPDATE.com | Masih dalam suasana pandemi Covid-19, upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 harus diselenggarakan secara terbatas. Tidak terkecuali bagi Jajaran OPD Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta

Acara yang digelar langsung dan disiarkan secara daring tersebut dilaksanakan di Ruangan Kantor Disporaparbud melalui video conference diikuti oleh para Kabid Disporaparbud. Demikian disampaikan Heri Anwar selaku Sekdis Disporaparbud Purwakarta.

Ia menyampaikan, bahwa Perayaan peringatan HUT RI ke-76 tahun ini adalah tahun kedua dalam situasi bangsa masih dilanda pandemi. Peringatan dilakukan secara virtual untuk sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) langsung instruksi dari Bupati. Sementara upacara secara langsung diselenggarakan di Bale Mayar Datar, Komplek Perkantoran Pemkab Purwakarta, Selasa 17 Agustus 2021.

Baca Juga:  Asal Mula Perlombaan Panjat Pinang Yang Identik Dengan Hari Kemerdekaan

Lanjutnya, kami di sini melaksanakan upacara HUT RI secara terpisah dengan daring, namun untuk Kadis Disporaparbud H. Agus Hasan Saepudin, M.Si beliau ikut melaksanakan upacara bersama Bupati.

“Untuk kami disini sangat mengerti walau upacara berlangsung secara daring kami tetap semangat dan tetap semarakan HUT RI ke-76. Upacara pengibaran hingga penurunan sang saka Merah Putih kami ikuti secara daring,” jelasnya.

Menurutnya, Pelaksanaan tak mengurangi esensi peringatan kemerdekaan bagi jajaran OPD Disporaparbud. Heri berharap, momentum kemerdekaan ini bisa menjadi pemicu semangat, dalam mengatasi permasalahan pandemi ini.

Baca Juga:  Formasi Lengkap, Inilah 52 Nama Paskibraka HUT RI Ke-76 Purwakarta

“Kami akan terus berjuang melawan pandemi Covid-19. Pandemi ini mengingatkan kita akan pentingnya hidup sehat, karena dengan hidup sehat manusia bisa beraktifitas dan melakukan kegiatan yang produktif. Tentu saja tanpa kesehatan manusia akan kehilangan daya untuk melakukan aktifitas sebagaimana mestinya. Berdoa, jaga kesehatan dan kebersihan itu adalah sebuah keniscayaan untuk melawan Covid-19 ini sehingga kita bisa meraih lagi kemerdekaan tanpa lagi ada pandemi covid,” terangnya.

Di tengah pandemi Heri menjelaskan, Hari Kemerdekaan Indonesia tak bisa dirayakan secara meriah seperti biasanya. Tidak ada perlombaan seperti lomba balap kerupuk, balap karung, atau karnaval bocah-bocah cilik menggemaskan yang menggunakan busana tradisional dari berbagai daerah karena disarankan untuk tetap berada di rumah demi mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Diharapkan Bisa Prioritaskan Anggaran APBD 2022

Kemerdekaan di tengah wabah memang terlihat kurang indah. Namun mari kita hiasi suasana kemerdekaan ini dengan cahaya semangat positif. Dirgahayu Negara Republik Indonesia Semoga Tanah Airku tercinta bisa pulih kembali bangkit dari situasi terpuruk dan sehat kembali. Akhir Heri Anwar kepada awak media Selasa Sore 17 Agustus 2021 di Kantor Disporaparbud saat usai melaksanakan daring penurunan Bendera Merah Putih.