Fosil Kepurbakalaan Kepala Bison Hingga Fosil Tempurung Moyet Pernah Ditemukan di Purwakarta, Begini Keadaannya

foto : Fosil Kepala bison

PURWAKARTAUPDATE.com | Kepala Bison ditemukan tahun 2011 silam di wilayah sungai Kampung Cikolotok, Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, kini keadaannya sangat memprihatikan. Kepala bison itu di temukan oleh team Galeri seni dan ilmu pengetahuan pada tahun tersebut.

Nampak kepala bison itu masih utuh, diperkirakan usia dari kepala bison itu sekitar 40.000 jutaan tahun atau pada zaman meozin. Hal itu di ungkapkan oleh salah satu team Galeri seni dan ilmu pengetahuan, Niko mengatakan bahwa barang-barang kepurbakalaan serta keaslian itu masih ada, akan tetapi dengan kondisi saat ini barang-barang itu memprihatinkan dari segi perawatan.

“Kita dulu pernah membuka galeri di Sindangksih, kita memamerkan seluruh hasil kepurbakalaan itu di galeri pada tahun 2009-2011,” ujar Niko di ke diamanya, Minggu (25/07/2021).

Baca Juga:  Kemendag Bersama Pemkab Purwakarta Gelar Operasi Pasar Murah Minyak Goreng

Akan tetapi, karena adanya permasalahan pada akhirnya galeri itu kita tutup pada bulan Juli 2011. Semua barang kepurbakalaan yang di temukan sampai saat ini masih ada.

“Ratusan barang kepurbakalaan itu, selain kepala bison ada barang kepurbakalaan lainnya seperti tempurung monyet beruk yang berusia sekitar jutaan tahun yang kini sudah menjadi batu. Di temukan juga di kampung Cikolotok,” katanya.

Kata dia, bahwa Purwakarta dulunya adalah merupakan dasar laut. Sebab berdasarkan temuan dari pihaknya batuan kars atau batuan terumbu karang yang di temukan di pinggiran sungai Cikao desa Parakanlima serta banyak batuan lainnya yang kita temukan.

Baca Juga:  Muspika Campaka Purwakarta Gencar Gelar Vaksinasi Massal Setelah Shalat Tarawih

“Adapun perawatannya hanya ala kadarnya karena dari keterbatasan biaya,” pungkasnya.(sept)