Gelar MPLS Tahun 2022, SMK Taruna Sakti Purwakarta Gandeng TNI dan Polri

Pembukaan MPLS di SMK Taruna Sakti Purwakarta. (JabarNews)

Purwakarta Update | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Sakti Purwakarta menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru tahun 2022.

Kegiatan MPLS bertema mengembangkan potensi karakter siswa untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila itu dibuka secara resmi oleh Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, pada Senin, 25 Juli 2022.

Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya, mengatakan MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Baca Juga:  Siswa SMK Taruna Sakti Purwakarta Ikuti Vaksinasi Covid-19 Jelang PTM

Tujuan MPLS ini, kata dia, untuk mengenali potensi diri siswa baru. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

“Selain itu MPLS ini juga bertujuan mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,”beber pria yang akrab disapa Gilang itu.

Baca Juga:  Ratusan Sekolah di Karawang Alami Kerusakan, Pemkab Karawang: Tidak Ada Anggaran

Ia menambahkan, pada tahun ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka adalah siswa yang berwawasan profil pelajar Pancasila yaitu Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.